Yuk Simak Kapan Waktu yang Baik Untuk Mengonsumsi Buah-buahan!
Lifestyle

Yuk Simak Kapan Waktu yang Baik Untuk Mengonsumsi Buah-buahan! 

peristiwa.info – Seperti yang kita ketahui, buah mengandung manfaat yang sangat penting untuk tubuh dan juga untuk kesehatan, sangat disayangkan apabila kita melewatkannya sehingga tidak heran jika para ahli menyarankan untuk mengonsumsi buah setiap harinya.

Setiap buah mengandung zat gizi berbeda, berjenis-jenis vitamin serta zat-zat lain yang sehat, seperti antioksidan, serat dan mineral, yang semua itu sangat baik bagi kesehatan. Orang yang rutin makan buah bisa mengurangi risiko kegemukan serta penyakit darah seperti penyakit jantung, hipertensi, stroke dan diabetes.

Berikut ini adalah waktu-waktu yang efektif untuk mengonsumsi buah.

Pagi hari
Pada pagi hari sarapan buah terlebih dahulu baik untuk kesehatan sebab diwaktu ini perut masih kosong sehingga nutrisi buah bisa diserap dengan maksimal, pada pagi hari buah-buahan yang tinggi kalori seperti pir, apel, melon dan juga pisang.

Sore hari
Saat sore hari tingkat metabolisme tubuh menurun sehingga kemampuan tubuh untuk membakar kalori akan melambat, sehingga buah tinggi kalori tidak baik dikonsumsi pada waktu ini, pada sore hari pilihlah buah yang tinggi kandungan air seperti semangka, jeruk, nanas, serta srtoberi untuk dikonsumsi

Malam hari
Pada malam hari, kita harus lebih teliti dalam hal memilah buah, pilihlah buah yang rendah kalori sebab pemilihan buah tinggi kalori untuk dimakan saat malam hari beresiko mengalami kegemukan, salah satunya adalah kiwi. Buah kiwi dapat membantu tidur lebih baik karena mengandung serotonin yang membuat rileks, buah kiwi hanya mengandung sekitar 93 kalori untuk 2 buah, selain itu juga ada buah buahan lainnya seperti apel, ceri, delima atau pepaya.

Karena tadi sudah membahas mengenai waktu yang baik untuk mengonsumsi buah, sekarang kira-kira kapan aja sih waktu yang kurang efektif untuk makan buah ?

1. Sebelum olahraga
Kebanyakan dari kita mungkin ingin mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan juga sayur trutama saat sedang menjalani program diet, tetapi sebaiknya tidak mengonsumsi buah buahan tinggi serat saat hendak olahraga karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna serat dalam buah dan jika melakukan olahraga dalam kondisi penuh oleh serat maka dikhawatirkan akan terjadi gangguan pencernaan, ada baiknya jika ingin mengonsumsi buah berikan jeda sekitar 2-3 jam sebelum melakukan olahraga.

2. Sebelum tidur
Sebelum tidur bisa dibilang bukan waktu yang baik untuk makan apapun termasuk buah. Kandungan gula dalam buah akan meningkatkan gula darah. Jadi sebaiknya beri jeda sekitar 3 jam sebelum tidur apabila ingin mengonsumsi buah supaya tubuh dapat beristirahat dengan optimal.

3. Saat diare
Memang benar buah-buahan bisa membantu melancarkan pencernaaan. Tetapi perlu dipikirkan kembali saat sedang menderita diare karena asupan buah yang berlebihan justru bisa memperparah keluhan selama diare, apalagi bila mengonsumsi buah rendah serat dan tinggi gula yang dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.

Sumber : Kompas.com dan Merdeka.com

Peliput : Shafa Khairun Nisa

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *