Salah Satu Fenomena Astronomi Bulan September, Ekuinoks, Terjadi Hari Ini!
Sains dan Teknologi

Salah Satu Fenomena Astronomi Bulan September, Ekuinoks, Terjadi Hari Ini! 

peristiwa.info – Ekuinoks merupakan fenomena astronomi saat matahari melintasi garis khatulistiwa. Menurut LAPAN, Ekuinoks merupakan titik perpotongan ekliptika dan ekuator langit yang dilewati matahari dalam perjalanan semu tahunan matahari. Istilah ekuinoks berasal dari lakuran dalam Bahasa Latin, equinoctis, equum yang bermakna sama dan noctis yang bermakna malam. Ekuinoks menyebabkan lama malam dan siang hari sama panjang.

Secara umum, ekuinoks terbagi menjadi dua yakni ekuinoks Maret dan ekuinoks September. Ekuinoks Maret merupakan titik perpotongan ekliptika dan ekuator langit yang dilewati matahari dalam perjalanan semu tahunan matahari dari langit belahan selatan menuju ke langit belahan utara. Ekuinoks Maret dikenal juga sebagai ekuinoks musim semi (vernal equinox) di belahan utara dan ekuinoks musim gugur (autumnal equinox) di belahan selatan.

Sedangkan, ekuinoks September merupakan titik perpotongan ekliptika dan ekuator yang di lewati matahari dalam perjalanan semu tahunan matahari dari langit belahan utara menuju ke langit belahan selatan. Ekuinoks September juga dikenal sebagai ekuinoks musim gugur (autumnal equinox) di belahan utara dan ekuinoks musim semi (vernal equinox) di belahan selatan.

Ekuinoks Maret umumnya terjadi antara tanggal 20-21 Maret dan bergeser dalam waktu ratusan hingga ribuan tahun. Sedangkan ekuinoks September umumnya terjadi antara tanggal 22-23 September dan juga mengalami pergeseran sebagaimana ekuinoks Maret.

Peliput : Ristiana Fitria Azizah

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *