Segera! Skema Bus BTS Akan Beroperasi di Kalsel
Ekonomi

Segera! Skema Bus BTS Akan Beroperasi di Kalsel 

Peristiwa.info – Bus Rapid Transit atau yang dikenal dengan BRT merupakan sistem transit massal berbasis bus yang menawarkan layanan mobilitas yang cepat, nyaman, dan murah untuk masyarakat. BRT akan menggunakan jalur khusus di jalan raya yang mengadaptasi karakteristik kinerja dari sistem transit modern berbasis rel dengan biaya yang lebih rendah. Sedangkan sistem buy the service atau BTS adalah sistem pengadaan angkutan umum yang dikelola oleh pihak swasta yang bekerja sama dengan pemerintah.

Di Banjarmasin sendiri sistem BRT sudah digunakan sejak tahun 2019 melalui program BRT Banjarbakula. Program ini mendapat sambutan positif dari masyarakat dan terus beroperasi hingga sekarang. Rencananya skema BRT Banjarbakula akan berubah ke skema BTS sehingga semua biaya akan ditanggung pemerintah.

Konsep program BTS sama dengan subsidi pemerintah untuk pengembangan angkutan massal di perkotaan. Kalau BRT, pengadaan bus disiapkan oleh pemerintah yang dioperasikan oleh BUMN dan DAMRI. Sedangkan untuk sistem BTS pemerintah hanya membeli pelayanan dan bus disediakan oleh pihak swasta yang mengikuti lelang. 

Kepala BPTD Wilayah XV Kalsel, Zulmardi (kanan)

Masih belum ada kepastian terkait kapan skema BTS akan beroperasi di Kota mengatakan “Rencananya September 2021 ini, tapi tergantung lelang di pusat,” ujar Zulmardi selaku Kepala BPTD wilayah XV Provinsi Kalsel.

Akan dilakukan lelang untuk menentukan pihak ketiga yang akan menyefiakan layanan skema BTS. “Jadi bus dan layanan disediakan pihak ketiga, nanti pemerintah pusat yang membayar layanannya,” tutupnya. 

Peliput :  Sultan Aulia dan Eka Tiara Septiani

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *