Hadirkan Komnas HAM RI, FH ULM Selenggarakan Diskusi Ahli Mengenai Perlindungan Korban Pelanggaran HAM Berat
Kabar Kampus

Hadirkan Komnas HAM RI, FH ULM Selenggarakan Diskusi Ahli Mengenai Perlindungan Korban Pelanggaran HAM Berat 

peristiwa.info – Kamis, 9 September 2021 telah diadakan Diskusi Ahli oleh Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat yang bekerja sama dengan Komisi Nasional HAM RI. Dengan mengangangkat tema “Pemenuhan Kebutuhan Korban Pelanggaran HAM Berat”, diskusi ini dilaksanakan secara luring dengan menghadirkan Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM yaitu Bapak Amiruddin, Bapak Hairansyah selaku Komisioner Komnas HAM, dan Bapak Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc. selaku Rektor ULM.

Diskusi dimulai sejak pukul 09.30 sampai 13.00 WITA dengan diikuti 220 orang peserta yang turut hadir secara daring melalui aplikasi Zoom. Diskusi memuat materi yang dibawakan oleh beberapa narasumber dari akademisi FH ULM seperti Bapak Mirza Satria Buana, S.H., M.H., Ph.D., Ibu Dr. Hj. Erlina, S.H., M.H., Bapak Dr. H. Mohammad Effendy, S.H., M.H., dan Bapak Kisworo Dwi Cahyono selaku Direktur Eksekutif Walhi Kalsel, serta Ibu Sri Naida, S.SI., MPA. selaku Pegiat Masyarakat dan Politisi.

Materi diskusi yang dibawakan ialah mengenai instrumen internasional hak asasi manusia, kemudian membahas mengenai masalah perlindungan keadilan transisi terhadap korban pelanggaran HAM berat di masa lalu, penegakan serta pemajuan HAM, serta pemenuhan hak hak korban pelanggaran HAM berat.

Dengan adanya diskusi ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan dan pemenuhan kebutuhan HAM untuk mengembangkan pribadi manusia dan kelemahan konseptual dalam substansi Undang-Undang yang mengatur mengenai korban pelanggaran HAM, serta untuk memperbaiki dan memberikan sumbangsih yang baik dalam penegakan hukum dan keadilan bagi korban.

Peliput: Alya Meriel Pramesti

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *