Sering Menurunkan Masker ke Dagu atau Leher? Ini Bahaya yang Menanti!
Lifestyle

Sering Menurunkan Masker ke Dagu atau Leher? Ini Bahaya yang Menanti! 

peristiwa.info – Di tengah pandemi ini masih banyak masyarakat yang tidak patuh menjalankan protokol kesehatan, termasuk ketika memakai masker. Meski terdengar sepele, namun masih banyak orang menurunkan masker ke dagu atau bahkan ke leher. Misalnya, ketika makan dan minum atau berbicara.

Beberapa orang juga masih terlihat menurunkan maskernya ke dagu atau leher, meskipun tidak sedang makan dan minum, hanya karena alasan kenyamanan. Padahal, ada dampak kesehatan yang bisa kita alami jika sering menurunkan masker ke dagu atau leher ketika sedang beraktivitas di luar.

Sumber foto : CNBC Indonesia

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pernah mengingatkan melalui sebuah video agar kita tidak menyentuh masker dengan tangan ketika sedang mengenakannya. Di dalam video tersebut, CDC turut menyinggung aturan lainnya yang masih sulit dipatuhi sebagian masyarakat, yakni: “Jangan letakkan masker wajah di leher atau dahi”.

Menurut pakar penyakit menular dan peneliti senior di Johns Hopkins Center for Health Security, Amesh A. Adalja, MD, ada beberapa alasan mengapa kebiasaan tersebut harus dihindari. Menurutnya, masker harus digunakan dengan tepat agar perlindungannya efektif. Cara memakai masker yang tepat adalah pas di wajah, namun tetap memungkinkan kita bernapas dengan baik.

Saat memakai masker, bagian dalam masker akan menyentuh bagian mulut dan hidung secara langsung. Jika menurunkan masker di dagu atau bahkan sampai leher ketika makan, minum, atau ngobrol, maka area dalam masker yang mulanya menyentuh mulut dan hidung akan menyentuh area dagu hingga leher.  

Ketika masker menyentuh bagian dagu, leher, atau area tubuh lainnya, seperti rambut, dahi, dan tangan, maka mungkin saja masker sudah terkontaminasi oleh bakteri atau virus yang menempel di area tersebut. 

Jadi masker harus dipakai dengan tepat. Akan tetapi, jika masker tidak digunakan secara tepat, seseorang akan rentan menghirup partikel yang didapatkannya dari luar, atau jika dia adalah orang yang sedang sakit, maka dia rentan menularkannya ke orang lain.

Daripada menurunkan masker ke dagu atau leher ketika makan dan minum atau berbicara di tempat publik, lebih baik melepasnya dengan cara sebagai berikut.

• Sebelum melepas masker, Adalja menyarankan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun terlebih dahulu atau menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 70%.

• Kemudian, lepas masker pada bagian ear loop atau tali masker, pastikan tidak menyentuh bagian yang menutupi wajah.

• Ketika akan memakai kembali masker, cuci tangan kembali terlebih dahulu. Pastikan mengenakannya dengan tepat dengan menutup hidung dan mulut, serta hanya menyentuh bagian ear loop atau tali masker.

• Terakhir letakkan masker ke dalam tas kertas atau plastik ziplock khusus masker.

Peliput : Hanaan

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *