Bertepatannya Hari Raya Idul Fitri 1442 H Dengan Kenaikan Isa Almasih
Peristiwa News

Bertepatannya Hari Raya Idul Fitri 1442 H Dengan Kenaikan Isa Almasih 

peristiwa.info – Ditetapkannya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah oleh dua institusi yang umumnya ikut terlibat dalam penentuan, menyebutkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1442 jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021 yang bertepatan dengan Peringatan Kenaikan Isa Almasih. Dua institusi tersebut adalah Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), serta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Peringatan kenaikan Isa Almasih merupakan salah satu hari besar bagi umat Kristiani. Kenaikan Isa Almasih biasanya diperingati pada hari 40 setelah perayaan Paskah. Sedangkan Hari Raya Idul Fitri sendiri merupakan momen besar bagi umat Islam di seluruh dunia yang dimaknai sebagai selesainya bulan puasa dan disambutnya hari kemenangan.

Dilansir dari Kompas.com, fenomena ini dianggap fenomena yang sangat jarang terjadi. Bahkan, ketika tahun 2016 lalu Isra’ Mi’raj bertepatan dengan Kenaikan Isa Almasih yang jatuh hari Kamis, akhirnya peringatan Isra’ Mi’raj diundur menjadi hari Jumat, 6 Mei 2016 yang sudah memasuki tanggal 28 Rajab 1437 Hijriah. Sebelumnya, hari raya Idul Fitri juga pernah beriringan dengan peringatan Kenaikan Isa Almasih yakni pada tahun 1791, 1889, dan 1987 Masehi.

Meski begitu, kejadian perayaan Idul Fitri bertepatan dengan Kenaikan Isa Almasih ini bisa dikatakan jarang, karena hanya pernah terjadi pada tahun 1727 Masehi dan 1139 Hijriah. Setelah tahun 2021 ini, maka kejadian serupa akan terulang lagi di tahun 2248 Masehi atau 1676 Hijriah.

Berkaitan dengan dua hari raya agama ini, aparat kepolisian diterjunkan langsung untuk melakukan pengamanan di masjid dan gereja di wilayah Jakarta. “Malam ini sudah ada plotting (personel) terkait kenaikan Isa Almasih dan ada beberapa titik gereja yang sudah di-plotting anggota bersama pengamanan salat Id besok hari,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (12/5).

Nantinya, kepolisian bersama instansi terkait juga akan mengatur soal penerapan protokol kesehatan Covid-19 di tempat ibadah tersebut karena saat ini masih dalam situasi pandemi. “Semoga semuanya bisa berjalan seiring, semoga situasi bisa terkendali,” ucap Fadil.

Selamat Hari Raya idul Fitri 1442 Hijriah, Minal ‘Aidin wal-Faizin dan Selamat Memperingati Kenaikan Isa Almasih.

Peliput : Zulfadilla Putri

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *