Tips Sehat Berpuasa disaat Pandemi
Lifestyle

Tips Sehat Berpuasa disaat Pandemi 

peristiwa.info – Bulan Ramadhan di tahun 2021 telah tiba, mari kita sambut dengan gembira. Ramadhan kali ini selain masih berdampingannya dengan pandemi yang pastinya harus sesuai protokol kesehatan, tentunya kita harus tetap fit selalu agar ibadah yang kita laksanakan sebulan penuh dapat baik dan lancar.

Agar bisa menjalani Ramadhan semaksimal mungkin, kita perlu berupaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Sambil mengikuti tatanan berpuasa yang memang menyehatkan, kita juga perlu melakukan hal-hal lain yang bisa membantu beradaptasi dan membuat badan terasa bugar di sepanjang bulan suci.

Hal ini diperlukan, terutama karena kali ini kita akan beribadah sambil berhati-hati menghadapi pandemi COVID-19. Lebih dari biasanya, kita perlu memiliki gaya hidup yang baik, agar tubuh tetap sehat selama beribadah. Maka, penting untuk menjaga keseimbangan gizi tubuh terutama di tengah risiko penularan virus corona penyebab pandemi Covid-19.

Dilansir dari Kompas.com, berikut tips puasa saat pandemi Covid-19 supaya badan tetap fit meski menjalankan protokol kesehatan.

  1. Rutin bersihkan peralatan ibadah
    Berbeda dengan tahun lalu, ibadah ramadan khususnya tarawih sudah boleh dilakukan di masjid. Hal itu disampaikan oleh pemerintah dengan sejumlah syarat. Salah satunya harus melaksanakan protokol kesehatan. Alat-alat ibadah seperti mukena, sajadah, sarung dan lainnya dianjurkan untuk rutin dicuci sehingga debu dan kotoran dari luar tidak terlalu lama menempel.
  1. Suplai Bahan Makanan dan Masak di Rumah
    Di tengah pandemi Covid, terlalu riskan untuk sering keluar,  baik itu membeli bahan makanan maupun berburu takjil. Oleh karena itu, bahan makanan sebaiknya disiapkan untuk beberapa hari. Dalam hal ini, pilihlah bahan makanan yang bisa bertahan beberapa hari seperti beras, minyak goreng, bumbu dapur dan lainnya.
  1. Pastikan kebersihan saat membeli makanan
    Namun jika dalam situasi yang memaksa harus membeli menu buka puasa atau sahur di luar, sebaiknya lebih teliti dalam memastikan kebersihan makanan. Gunakan jasa pesan antar untuk meminimalisir datang ke kerumunan. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan.

Itulah beberapa tips berpuasa saat dalam bulan Ramadhan di 2021 ini. Jangan sampai wabah Covid-19 menghambat pelaksanaan puasa kamu dan keluarga. Ibadah harus tetap berjalan agar pahala terus mengalir di bulan penuh berkah. Demi kelancaran ramadhan 2021, perlu kesabaran dan ketelitian ekstra dalam menjaga kesehatan mengingat pandemi covid-19 masih belum usai.

Peliput : Lukman hakim

Sumber foto : Google

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *