Jalin Kerjasama Dengan Tiga Perguruan Tinggi, ULM Siap Implementasikan MBKM
Kabar Kampus

Jalin Kerjasama Dengan Tiga Perguruan Tinggi, ULM Siap Implementasikan MBKM 

peristiwa.info – Dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, institusi perguruan tinggi di Indonesia diharuskan untuk mengaplikasikan Tri Dharma dengan menerapkan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Dalam hal ini, mahasiswa dituntut agar mengubah pola pikir yang awalnya kaku menjadi adaptif dan fleksibel sehingga mahasiswa bisa menjadi insan dewasa yang mampu berpikir kritis dan menjadi kunci keberhasilan implementasi kebijakan MBKM.

Dalam mewujudkan kebijakan MBKM diperlukan adanya kolaborasi dengan berbagai pihak yang berkaitan dan ikut serta dalam mendukung pembelajaran yang diharapkan.

Dikutip dari banjarmasinpost.com Menindaklanjuti kebijakan MBKM ini, Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila), Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo serta Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar memutuskan untuk menjalin kerjasama.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama oleh Dekan masing-masing pada level jurusan/program studi kehutanan pada Sabtu, 3 April 2021.

Acara yang dilaksanakan secara online ini dimulai langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Unila Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si. yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat Dr. Kissinger, S.Hut., M.Si, Dekan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar Dr. Ir. Andi Khaeriyah, M.Pd, para wakil dekan, ketua jurusan/program studi kehutanan, dosen dan mahasiswa.

Sebagai perwujudan awal dari kegiatan ini adalah dengan menyelenggarakan kuliah bersama Mata Kuliah Perlindungan Hutan yang melibatkan 499 mahasiswa dan 12 dosen pengampu dari keempat universitas tersebut pada perkuliahan semester genap 2020/2021.

Dengan diadakannya Kerjasama MBKM, diharapkan bahwa kegiatan ini mampu untuk saling menguntungkan masing-masing pihak demi kemajuan sumberdaya mahasiswa, penelitian yang berkualitas, publikasi jurnal ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat.

Koordinator Prodi Kehutanan ULM, Dr. Hamdani Fauzi, S.Hut.,M.P. menyatakan bahwa akan ada kolaborasi lain yang akan dilaksanakan yaitu penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah yang sama dari Ke-4 prodi, penyusunan Bahan Ajar dan Seminar Nasional Hasil penelitian skripsi.

Kerjasama yang sudah berjalan ini  diharapkan akan saling menguntungkan pihak-pihak yang bersangkutan, yang bisa menciptakan sinergi dan kerja sama demi terwujudnya penerapan nilai dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Peliput: Putri Mega

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *