Kembangkan Geopark Kalsel, ULM Buka Program Studi Teknik Geologi Tahun Depan
Kabar Kampus

Kembangkan Geopark Kalsel, ULM Buka Program Studi Teknik Geologi Tahun Depan 

Peristiwa.info – Seperti yang kita ketahui dampak dari pandemi Covid-19 dan banjir yang melanda beberapa wilayah di Kalsel kemarin sangat merugikan masyarakat terutama di bidang pariwisata.

 Dalam hal ini Kalimantan Selatan merencanakan untuk pemulihan pariwisata dan pengembangan Geopark. Maka dari itu agar dapat berkontribusi dalam hal tersebut, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berencana membuka prodi baru yaitu Teknik Geologi.

Dikutip dari banjarmasinpost Wakil Rektor I bidang Akademik, Dr H Aminuddin Prahatama Putra mengatakan langkah tersebut merupakan misi dari pemerintah daerah mengenai pengembangan geopark di Kalsel.


“Saat ini masih dipersiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk pembukaan prodi baru nanti,” ujarnya pada Rabu (24/03/2021)

Adapun prosedur pembukaan program studi yaitu perguruan tinggi terlebih dahulu harus mendaftar melalui aplikasi yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dibawah pengawasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Informasi Layanan Perizinan Perguruan Tinggi (Simlekarma).

Pembukaan program studi baru ini tentu memerlukan pemenuhan berkas administrasif yang lengkap, mulai dari sumber daya manusia yang mumpuni (tenaga pengajar dan tenaga pendidik).

“Tentunya pembukaan ini ditunjang oleh SDM yang mumpuni, salah satunya pengajar yang mempunyai latar belakang geologi. Namun untuk sementara ini kita sudah punya tiga pengajar yang berasal dari teknik pertambangan,” ungkap nya lagi.

Diharapkan pada tahun 2022, Univeristas Lambung Mangkurat telah siap membuka program studi baru tersebut sebagai langkah pengembangan potensi daerah melalui geopark.  Jika nantinya ULM resmi membuka program studi teknik geologi, ULM akan menjadi universitas pertama di Kalimantan yang mempunyai program studi ini.

Peliput: Andrea Zahra

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *