Webinar Peran UPKH FK ULM dalam Mendukung Kampus Merdeka, “Merdeka Belajar”
Kabar Kampus

Webinar Peran UPKH FK ULM dalam Mendukung Kampus Merdeka, “Merdeka Belajar” 

peristiwa.info – Senin (14/12/2020) dalam rangka menyongsong era Kampus Merdeka, UPKH FK ULM menyelenggarakan Webinar dengan tema “Peranan UPKH FK ULM Dalam Mendukung Kampus Merdeka, Merdeka Belajar”. Acara dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom dari pukul 14.00-17.00 WITA dan diikuti oleh para dosen serta mahasiswa/i Universitas Lambung Mangkurat.

Webinar ini menghadirkan dua narasumber yaitu Achman Ubaedillah, MA, Ph.D selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Riyadh-Saudi Arabia. Narasumber yang kedua yaitu Prof. Dr. H. Ardi Marwan, S.Pd., M.Ed selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin, Jerman. Adapun moderator acara adalah Agianto, S.Kep., NS., M.N.S., Ph.D. dan acara dibawakan oleh Dr. Meitria Syahadatina Noor, dr., M.Kes.

Acara diawali dengan sambutan dari Dr. dr. H. Iwan Aflanie, M.Kes. Sp.F, S.H. selaku Dekan FK ULM. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka acara oleh Rektor ULM yakni Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si, M.Se.

Materi pertama disampaikan oleh Achman Ubaedillah, MA, Ph.D dengan tema kesempatan kerjasama untuk bidang kesehatan di Timur Tengah. “Di negara Arab Saudi terdapat sekitar 30 universitas negeri, 12 universitas swasta dengan total 42 universitas. Selain itu, terdapat 13 sekolah akademi tinggi negeri dan swasta, serta 7 akademi tinggi militer. Universitas-universitas tersebut membuka program jenjang S1 sampai S3 dengan beranekaragaman disiplin ilmu baik ilmu keislaman, sosial humaniora maupun sains dan teknologi,” ujarnya. Kemudian dijelaskan mengenai peluang-peluang bagi mahasiswa Indonesia untuk menempuh pendidikan di Arab Saudi, agar tercipta kerja sama dengan Arab Saudi terutama dalam bidang kesehatan, “Saudi Arabia harus kita dekati secara profesional dengan keunggulan kita masing-masing,” tambahnya.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang peluang mendapatkan beasiswa untuk studi dan short course ke Jerman, “Kita perlu mengenal apa saja dan bagaimana sistem Institusi Pendidikan Tinggi di Jerman, dan memahami jenis beasiswa yang diincar, misalnya Deutscher Akademischer Austausch Dienst Scholarships, Erasmus, LPDP, dan masih banyak lagi. Tentu peserta perlu mengasah dan terus meningkatkan kemampuan berbahasanya, ” ujar Prof. Dr. H. Ardi Marwan, S. Pd, M.Ed.

“Alasan mengikuti webinar ini karena mau tau sebenarnya ‘Merdeka Belajar’ itu apa, dan ternyata tentang program kemahasiswaan. Materi yang disampaikan oleh narasumber juga bagus dan menarik, mudah dipahami, sangat baik untuk diikuti oleh para mahasiswa. Harapannya semoga saya bisa dapat info tentang Merdeka Belajar ini dilain waktu, siapa tau saya bisa ikut program kemahasiswaan, ” ujar Dyan, salah seorang peserta Webinar, dari Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat.

Peliput : Ad’lyni Bariski & Rakhea Jasmine Paquita Della Concetta Dewi

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *