ULM Ikuti Penelitian Pemberantasan Korupsi Di ACS 2020
Kabar Kampus

ULM Ikuti Penelitian Pemberantasan Korupsi Di ACS 2020 

peristiwa.info – Rabu, 18 November 2020 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di Indonesia menggelar Anti-corruption Summit (ACS) keempat dengan tema “Quo Vadis Pemberantasan Korupsi” yang disiarkan secara terbuka di kanal youtube KPK RI pada 18-19 November 2020. Dalam ACS 2020, diadakan penelitian bersama dengan enam tema penelitian yaitu Penegakan Hukum; Demokrasi dan Kepemiluan; Sumber Daya Alam; Ekonomi, Keuangan Negara; Hak Asasi Manusia; dan Perspektif Gender.

”Tema ini sejalan dengan berbagai dinamika yang terjadi dalam upaya pemberantasan korupsi dan adanya kebutuhan untuk melakukan adaptasi kebiasaan baru sebagai dampak pandemi Covid-19, termasuk kerja-kerja pemberantasan korupsi,” kata Ketua KPK Komjen. Pol. Drs. Firli Bahuri, M.Si, saat membuka Anti-corruption Summit 2020.

Pembukaan acara dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H, dan dari Duta Besar Australia untuk Indonesia H.E. Gary Quinlan A.O, lalu diakhiri dengan Pidato Kunci oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani S.E., M.Sc., Ph.D.

Acara dilanjutkan dengan Sesi Pleno yaitu Seminar Internasional bertemakan “Kebijakan Anti-Korupsi Negara dalam Menghadapi Resesi Pasca Pandemi”, yang diisi oleh Komisioner KPK RI Dr. Nurul Ghufron, S.H., M.H, Ivy Ong selaku Senior Regional Coordinator Asia-Pacific, Professor of Public Policy & Law Griffith University Prof A.J. Brown dan Francesco Checci selaku Anti Corruption Adviser.

Acara ini turut menampilkan Pameran Virtual Edukasi Anti Korupsi yang diisi dengan karya-karya tulis penelitian dari berbagai Universitas di Indonesia. Yang mana Universitas Lambung Mangkurat juga turut terlibat menampilkan karya tulis penelitiannya dengan judul “Paradigma Pendidikan Politik Anti-Korupsi dan Kesetaraan Gender Di Partai Politik”, yang ditulis oleh Dosen-Dosen Fakultas Hukum ULM yaitu Mirza Satria Buana, Ph.D, Hj. Dr. Erlina dan Eka Yulia Rahmah, S.H. Pameran diselenggarakan pada tanggal 16-26 November 2020 dan dapat diakses melalui laman, https://acsummit.kpk.go.id/exhibition/.

Peliput : Ad’lyni Bariski & Dicky Apriandi

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *