Tips Me Time di Tengah Pandemi
Lifestyle

Tips Me Time di Tengah Pandemi 

peristiwa.info – Meluangkan waktu sendiri atau me time merupakan hal yang sangat penting, apalagi ketika stres melanda, di tengah pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir. Meskipun saat ini tidak memungkinkan untuk pergi ke spa, perpustakaan atau gym, bukan berarti kita jadi melupakan waktu sendiri. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam menikmati momen berkualitas bersama diri sendiri.

1. Mulailah hari dengan bersyukur
Banyak sekali orang yang memulai hari dengan langsung berkutat pada kesibukan rutin, tanpa mengucapkan rasa syukur atas hari baru yang masih bisa dirasakan. Misalnya, saat masih berada di tempat tidur atau dengan melakukan gerakan yoga yang menenangkan jiwa dan pikiran dalam beberapa menit.

2. Belanja online
Ternyata, berbelanja dapat meningkatkan dopamin (zat kimia di dalam otak) yang terkait dengan perasaan senang dan puas.Setelah menyelesaikan segudang pekerjaan, meluangkan waktu sendiri dengan melihat-lihat toko online yang kita suka akan cukup menenangkan.

3. Waktu menyendiri
Menurut psikolog, Leah Klungness, PhD, otak kita dipenuhi dengan berbagai macam ide, pikiran, dan emosi, seperti sampah dapur yang berantakan. “Membantu membersihkan semuanya,” ujar dia. Menetapkan batas waktu sendiri yang jelas akan mencegah anak-anak menjadi cemas, sekaligus membentuk batasan yang sehat.

4. Memanfaatkan sesi olahraga
Kita juga dapat memanfaatkan sesi olahraga sebagai waktu untuk menikmati diri sendiri kita juga bisa berolahraga di rumah dan beri tahu anak-anak, pasangan atau teman sekamar kita sedang me time dengan berolahraga.

5. Melakukan hal yang disukai
Melakukan sesuatu yang kita suka bisa mengalihkan pikiran dari gangguan yang dialami setiap harinya. Kita bisa melakukan perawatan diri, mendengarkan podcast yang menginspirasi dan begitu disampaikan oleh psikolog klinis dan penulis buku The Kindness Cure, Tara Cousineau, PhD.

6. Pergi ke kamar mandi
Waktu berada di kamar mandi bisa menjadi salah satu momen untuk mengambil waktu sendiri, khususnya bagi seorang ibu. Namun, lanjut dia, pastikan untuk menyibukkan anak-anak dengan aktivitas lain. Kunci pintu, baca buku atau majalah, mandi dan istirahat sejenak.

7. Tarik napas
Alih-alih menjadi gelisah, tidak sabar atau tanpa henti memeriksa ponsel berulang kali, gunakan waktu itu sebagai waktu sendiri. Menurut dia, orang-orang yang tidak mempunyai waktu bermeditasi bisa menarik napas dalam-dalam sambil duduk di kursi saat bekerja.

8. Memanjat rumah pohon
Memiliki rumah pohon di rumah bisa dimanfaatkan sebagai privasi untuk menghabiskan waktu sendiri. Rumah pohon menjadi persembunyian rahasia ketika kita membutuhkan beberapa menit waktu sendiri. Di rumah pohon tentunya kita tetap bisa mengawasi apa yang terjadi di sekeliling, sembari menemukan tempat nyaman untuk melakukan waktu sendiri.

9. Mengajak keluarga

Menikmati me time yang berkualitas juga bisa mengajak anggota keluarga melakukan perawatan di rumah. Selain itu, memasak dan menonton tayangan streaming bersama adalah salah satu cara menghabiskan waktu sendiri yang berkualitas.

Pelipur: Istiqomah Hayati

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *