Siapa Sangka, Cukup Tambahkan Daun Pandan Saat Masak Nasi Ampuh Atasi Penyakit Ini
Lifestyle

Siapa Sangka, Cukup Tambahkan Daun Pandan Saat Masak Nasi Ampuh Atasi Penyakit Ini 

peristiwa.info – Daun pandan terkenal sebagai bahan alami yang dapat memberikan warna maupun aroma sedap pada masakan. Tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae ini memiliki daun beraroma wangi yang khas dan termasuk komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Tak banyak yang tahu berbagai manfaat kesehatan akan kita dapat jika kita sering menyertakan daun pandan dalam masakan sehari-hari. Seperti halnya ketika kita memasak nasi menggunakan daun pandan. Studi dan penelitian yang dilakukan membuktikan manfaat lain dari daun pandan jika ditambahkan saat memasak nasi.

Seorang peneliti menemukan ada sebuah senyawa dalam daun pandan. Ketika senyawa tersebut larut dalam air di suhu tinggi dan meresap ke dalam nasi saat dimasak, kemudian saat kita konsumsi nasi tersebut maka senyawa itu akan masuk ke tubuh dan menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat ini sama dengan ketika kita menggunakan 3 gram daun pandan dan merebusnya hingga menyusut jadi 1 gelas.

Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh Raj et al pada tahun 2014 menunjukkan bahwa ekstrak air akar dan daun pandan memiliki efek apoptosis, sitotoksik, antimitotik, dan antiproliferatif. Semua senyawa itu merupakan obat herbal anti kanker yang ampuh untuk melawan racun yang menyebab timbulnya kanker. Manfaat lain jika kita mengomsumsi rebusan daun pandan ialah:

  1. Meredakan demam;
  2. Mengurangi rasa nyeri;
  3. Menormalkan darah tinggi;
  4. Mengatasi kram perut;
  5. Mendetoksifikasi tubuh;
  6. Membantu mengatasi insomnia;
  7. Meningkatkan nafsu makan;
  8. Meredakan sakit rematik;
  9. Menurunkan resiko kanker.

Peliput : Rezky Rahman Abdi

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *