Terpilihnya Ketua Baru Bawaslu-M FH ULM 2020 dan KPU-M FH ULM 2020
Kabar Kampus

Terpilihnya Ketua Baru Bawaslu-M FH ULM 2020 dan KPU-M FH ULM 2020 

peristiwa.info – Dalam postingan terbaru di feeds Instagram DPM FH ULM (@dpmfhulm), telah diumumkan secara resmi terpilihnya ketua baru Bawaslu-M FH ULM 2020. Pengen tahu pastinya siapa yang memimpin posisi penting tersebut?

Perlu kita ketahui, Bawaslu-M FH ULM 2020 secara resmi dilantik pada tanggal 30 Juli 2020. Bawaslu-M FH ULM 2020 dibentuk bersamaan dengan dibentuknya KPU-M FH ULM 2020. Secara resmi ketua baru Bawaslu-M 2020 pada hari Jum’at 10 Juli 2020 pukul 20.00 WITA, ialah Ghina Septiana, mahasiswi Fakultas Hukum angkatan 2019. Sedangkan KPU-M FH ULM 2020 sejak 23 Juli 2020 pukul 20.00 WITA atas nama M. Henrinaldy Abiyan, mahasiswa Fakultas Hukum ULM angkatan 2019.

Sebelum mengenal lebih dekat. Apa sih itu Bawaslu-M? Menurut Ghina Septiana selaku ketua Bawaslu-M FH ULM 2020, Bawaslu-M ialah kepanjangan dari Badan Pengawas Pemilu Mahasiswa. Bawaslu-M adalah organisasi yang bersifat ad hoc yg artinya sementara, Bawaslu-M disini ialah suatu badan yang tugasnya mengawasi jalannya pemilu mahasiswa dari awal hingga akhir. Dan yang membedakan antara Bawaslu-M dengan Bawaslu yang sudah sering kita ketahui bersama itu kalau Bawaslu-M itu Bawaslu dalam lingkup kampus yang hanya mengawas sekitaran kampus sedangkan Bawaslu seperti yg kita ketahui itu Bawaslu dalam lingkup kota/kabupaten yang mengawas sekitaran kota/kabupaten.

Sedangkan dikutip dari laman Kompasiana.com, dengan sebutan Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) mereka bekerja bagaikan KPU nya kampus, mulai dari pelantikan, pembukaan pendaftaran bagi partai dan calon, sosialisasi pemilwa, menyiapkan masa kampanye hingga debat, proses pemilihan, rekap perolehan suara bahkan sampai penetapan. Hal ini sesuai dengan pengarahan serta bimbingan dari KPU setempat.

Lalu, bagaimanakah langkah kedepannya dari Bawaslu-M dimasa kini? “Kami masih menyiapkan langkah kedepannya untuk menghadapi situasi ini berhubung belum ada kepastian dari pihak kampus apakah kegiatan ini akan dilaksanakan secara daring/online atau tatap muka jadi disini kami masih dalam tahap pembuatan rencana pengawasan pemilu dengan dua skema yaitu skema online dan offline,” ucap Ghina Septiana.

“Harapan saya kedepannya terutama untuk anggota saya mudah-mudahan bisa diajak kerjasama dengan baik, bisa menjalankan tugas dengan profesional, agar bisa membantu kelancaran jalannya pemilu sampai akhir, saya harap Bawaslu-M FH ULM tahun ini lebih baik dari tahun tahun sebelumnya. Karena tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras, tidak ada keberhasilan tanpa kebersamaan, tidak ada kemudahan tanpa doa,” sambungnya.

Nah, sudah banyak tahukan mengenai Bawaslu-M FH ULM 2020 ini. Jadi patut ditunggu mengenai pemilihan yang akan dihadap kedepannya. Selamat bertugas untuk Ghina Septiana selaku ketua Bawaslu-M FH ULM 2020 beserta jajaran pengurus di Bawaslu-M FH ULM 2020. Selamat bertugas juga untuk M. Henrinaldy Abiyan selaku ketua KPU-M FH ULM 2020 beserta jajaran pengurus lainnya di KPU-M FH ULM 2020 ini.

Peliput: Lukman Hakim

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *