Bedah Buku Fungsi-Fungsi DPR RI Oleh FH ULM
Kabar Kampus

Bedah Buku Fungsi-Fungsi DPR RI Oleh FH ULM 

Telah dilaksanakan ‘Bedah Buku’ fungsi-fungsi DPR RI oleh Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat. Kegiatan ini berlangsung di Audiotorium Prof.H Idham Zarkasi Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat dan dimulai pada pukul 13.00 WITA- selesai. Jumat, (6/3).

 

 

Kegiatan bedah buku ini menghadirkan Dr. Ichsan Anwary, S.H., M.H. (pakar hukum tata negara FH ULM), Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas.M.Pd (Pakar pendidikan ULM), Dr. Uhaib As’ad,M.Si (Pakar sosial dan politik FISIP UNISKA) dan Prof. Denny Indrayana S.H., LL.M., Ph.D. sebagai Narasumber  dan juga
Dr. Erlina S,H. M.H ( wakil dekan III FH ULM) sebagai moderator. Acara ini juga mendatangkan Desmond J Mahesa (Penulis Buku ‘Fungsi DPR RI’ dan Anggota DPR RI) sebagai keynote speaker.

Pada acara ini, Desmond J Mahesa selaku penulis dari buku ini memaparkan garis besar dari buku tersebut dan menjelaskan bagaimana kondisi lembaga DPR saat ini. Di samping itu pula, para narasumber pun juga memberikan opini serta ulasan mereka masing masing mengenai buku tersebut dan situasi bagaimana cara kerja sebuah lembaga legislatif terkhusus nya DPR pada saat ini.

 

 

Dr. Uhaib As’ad, M.Si yang merupakan salah satu narasumber memberikan pendapat nya tentang buku ini “Menarik sekali untuk saya karena ditulis oleh seorang anggota DPR dan tidak kalah menarik nya dengan hasil karya yang dibuat oleh seorang akademisi. Beliau yang merupakan seorang politisi mampu membuat buku setebal dan sebaik ini dan memberikan wawasan atau informasi yang banyak untuk kita. Bagaimana sepak terjang lembaga legislatif, apakah sudah berfungsi dengan maksimal sesuai harapan masyarakat dan itu yang kita bahas hari ini,”  ucapnya.

 

Dr. Uhaib As’ad,M.Si juga menuturkan pendapat nya tentang apa yang membuat buku ini spesial dan berbeda dari buku lainnya “Yang pertama adalah sumber data nya dan seperti yang saya katakan sebelumnya buku ini lah yang terbaik menurut saya dari sekian buku yang terbit dan membicarakan hal yang sama yaitu fungsi-fungsi dan peranan DPR. paling tidak dengan adanya kegiatan bedah buku ini dapat memberikan sedikit pencerahan kepada masyarakat terkhususnya mahasiswa bahwa ini lah realitas institusi demokrasi kita saat ini yang belum maksimal.” Sambungnya.

Setelah sesi inti acara yaitu sesi bedah buku, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimana sesi ini dipenuhi dengan antusiasme tinggi dari para peserta. “Pengalaman ikut kegiatan ini cukup seru dan asik. karena setelah mengikuti kegiatan bedah buku ini saya bisa mengetahui lebih banyak tentang fungsi-fungsi dan peranan DPR itu seperti apa. Di samping itu, saya juga mengetahui bahwa reality DPR itu bagaimana dan asiknya saya dapat bertemu dengan penulis-penulis handal.” ungkap Thea Seannita, selaku peserta kegiatan bedah buku.

 

 

 

 

Peliput : Cathy

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *