Usai Kunjungan Jokowi ke Natuna, Kapal Cina Keluar ZEE
Hukum dan Politik

Usai Kunjungan Jokowi ke Natuna, Kapal Cina Keluar ZEE 

peristiwa.online — TNI memastikan tak ada lagi nelayan Cina yang melakukan illegal fishing di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia pascakunjungan Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau pada hari Rabu (8/1/2020). TNI mengatakan kunjungan Jokowi ke Natuna merupakan pesan ke Beijing terkait konflik di perairan Natuna.

Di sana, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia memiliki hak berdaulat terhadap sumber daya laut di Natuna Utara. Jokowi juga menggarisbawahi bahwa Natuna merupakan bagian dari NKRI.

Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI, Mayor Jenderal Sisriadi menyatakan kunjungan Jokowi lantas disambut dengan cermat oleh pemerintah Cina.

Pemerintah Cina menginstruksikan menarik seluruh kapal-kapal nelayan dan kapal Coast Guard mereka dari wilayah perairan Natuna Utara.

“Sudah tak ada lagi, sudah meninggalkan wilayah ZEE,” kata Mayjen Sisriadi menegaskan kembali.

“Jika perairan Natuna dirasa telah aman, operasi pengamanan laut akan kembali normal. Kapal-kapal perang dan pesawat tempur yang sebelumnya fokus ke Natuna akan dibagi rata kembali menjaga seluruh perairan laut Indonesia jika situasi sudah kondusif secara keseluruhan,” tambah Mayjen Sisriadi.

Sumber: detik.com dan CNN Indonesia.

Peliput: Fajar R.

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *