Kuliah Umum Perancangan Perundang-Undangan, Ini Harap Kanwil Kemenkumham Kalsel
Kabar Kampus

Kuliah Umum Perancangan Perundang-Undangan, Ini Harap Kanwil Kemenkumham Kalsel 

Selasa, 26 November 2019 telah berlangsung Kuliah Umum mata kuliah Perancangan Undang-Undang yang mendatangkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan sebagai Pemateri di Auditorium Prof.H. Idham Zarkasi, S.H.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa angkatan 2017 Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat dari reguler A hingga reguler B. Dengan pembahasan Peran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham dalam Pembentukan Produk Hukum Daerah.

“Kita mengundang Kemenkumham karena mereka adalah salah satu pihak yang terlibat dalam proses peraturan perundang-undangan khususnya kalau di daerah adalah peraturan daerah. Jadi di Kanwil sendiri ada yang namanya jabatan fungsional perancang peraturan perundang-undangan secara praktis, mereka yang punya pengalaman langsung melakukan perancangan. Sebenarnya kerjasama fakultas hukum dengan kanwil hukum dan ham sudah berlangsung lama tetapi sekitar 3 tahun terakhir ini tidak dijalankan, kedepan kita akan coba lebih intensifkan lagi kerjasama dengan kemenkumham, untuk mereka bisa memberikan sebagai kuliah tamu atau sesi khusus mereka mengajar 2 – 3 kali dari tim perancang. Hingga mahasiswa punya bekal keilmuan yang memadai untuk bidang perancangan peraturan perundang – undangan.” Ujar Hj. Erlina. S.H., M.H. selaku Dosen Pengajar Perancangan Perundang-undangan sekaligus Wakil Dekan 3 FH ULM.

“Perkuliahan umum ini sangat bermanfaat terutama bagi kami yang sudah memasuki semester 5, untuk mempelajari dan mengetahui apa itu perundang-undangan dan cara merancangnya.” Ucap Juwita Sari mahasiswa angkatan 2017 Reguler A FH ULM selaku peserta.


“Selain untuk mempelajari dan mengetahui perancangan perundang-undangan kami betul-betul memang membutuhkan tenaga di Kemenkumham. Tentu adik-adik mahasiswa sekalian ini adalah salah satu harapan bagi kita apalagi dari fakultas hukum yang dikiranya sudah mengetahui sedikit tentang hukum.” Tutur Agus Toyib. Bc. IP, SH, MH yang merupakan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan selaku pemberi materi.

Peliput: Vivi Maulidia

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *