Peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional
Kabar Kampus

Peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional 

peristiwa.online – Peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional yang diperingati setiap tanggal 23 September ditetapkan oleh PBB pada 23 September 2017 lalu.
Hari Bahasa Isyarat Internasional merupakan hasil diskusi dari World Federation of the Deaf dan PBB. Ditetapkan karena bertepatan dengan kongres pertama tuli dunia yang jatuh pada 23 September tahun 1951 di Italia.

Peringatan Hari Bahasa Isyarat ini bertujuan agar para difabel khususnya orang tuli mendapatkan hak yang sama seperti yang lainnya. Salah satunya hak mendapatkan informasi dan komunikasi dengan orang lain.

Di Indonesia, beberapa stasiun televisi telah melengkapi siaran berita dengan bahasa isyarat yang bisa dilihat oleh orang-orang tuli. Bahasa isyarat sendiri dibuat oleh orang-orang dengar tanpa melibatkan orang tuli dalam pendidikan luar biasa.

 

“Bahasa isyarat menurut saya dapat memahami perkataan yang ingin disampaikan serta membantu untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri.” ujar Febby mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat.

Peliput : Vira

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *