Ada yang ingat dengan 7 Agustus?
Hukum dan politik

Ada yang ingat dengan 7 Agustus? 

 

peristiwa.online – Mari kita mengingat lagi sejarah kemerdekaan negara Indonesia, dari sekolah SD, SMP, sampai SMA pasti ada pelajaran IPS (Ilmu Pendidikan Sosial), yang membahas bagaimana perjalanan bangsa Indonesia melawan penjajah sampai merdeka.

 

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (独立準備委員会 Dokuritsu Junbi Iinkai) atau PPKI. Sebelumnya sudah dibentuk BPUPKI pada tanggal 29 April 1945, tugas dari BPUPKI sendiri adalah mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan hal-hal yang diperlukan dalam usaha pembentukan Indonesia Merdeka. Kemudian BPUPKI dibubarkan oleh Jepang dan dibentuk PPKI pada tanggal 7 Agustus 1945 yang diketuai oleh Ir. Soekarno. Izin pembentukan badan ini diberikan oleh Hisaichi Terauchi, seorang marsekal Jepang yang berada di Saigon. Badan ini dibentuk sebelum MPR ada. Pada awalnya PPKI beranggotakan 21 orang (12 orang dari Jawa, 3 orang dari Sumatra, 2 orang dari Sulawesi, 1 orang dari Kalimantan, 1 orang dari Nusa Tenggara, 1 orang dari Maluku, 1 orang dari golongan Tionghoa).

Tugas utama PPKI adalah Mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, tugas lain dari PPKI adalah Mengesahkan Undang Undang Dasar, Memilih dan Mengangkat Ir.Soekarno sebagai Presiden dan Drs.M.Hatta sebagai wakil Presiden dan Membentuk Komite Nasional untuk membantu tugas Presiden sebelum DPR dan MPR terbentuk.

Tidak ada salahnya kita mengingat kembali sejarah perjuangan pahlawan untuk bangsa Indonesia ini, sekarang kita tidak harus berperang untuk bangsa Indonesia, tapi kita harus belajar bersungguh-sungguh untuk menghargai perjuangan para pahlawan.

Peliput : Hairatunnisa

#peristiwanews

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *