Kabar Kampus

Layanan Untuk Membuat Skripsi Lebih Mudah ? Check This Out ! 

Peristiwa.online – Ketika mendengar kata “Mahasiswa” pasti yang timbul di pikiran setiap orang yaitu “sudah menyusun skripsi belum?”, karena yang namanya mahasiswa mau tidak mau pasti akan berakhir dengan penyusunan skripsi.

Saat ini mahasiswa sudah sangat dipermudah dalam pembuatan skripsi, tesis atau pun disertasi, karena terdapat sebuah penyedia layanan yang bernama SKBP (Surat Keterangan Bebas Pustaka).

SKBP merupakan sebuah layanan yang digunakan untuk mengurus pengumpulan laporan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk file yang sangat memudahkan mahasiswa untuk melakukan pengumpulan skripsi/tesis/disertasi dimana saja dan kapan saja.

Cara pembuatan SKBP ini pun tergolong mudah. Mahasiswa hanya harus menyiapkan:

  1. Halaman cover skirpsi/tesis/disertasi (pdf);
  2. Halaman pengesahan skripsi/tesis/disertasi (pdf);
  3. Skripsi/tesis/ disertasi secara keseluruhan (cover abstrak, isi, daftar pustaka, dan lampiran) (pdf);
  4. Scan sertifikat pengecekan plagiat dari program studi yang bersangkutan (pdf);
  5. Hardcopy (khusus untuk tesis dan disertasi);
  6. File maksimal 8 MB.

Dalam proses upload diharuskan mendaftar ke website di forum http://digilib.ulm.ac.id/archive/laporan yang disertakan NIM dan tanggal lahir dan tanpa di pungut biaya.

“Dalam proses tersebut tidak memakan waktu yang lama, sekitar 5 sampai 10 menit dan prosesnya yang singkat tanpa harus membuatnya dalam CD ataupun flashdisk seperti dahulu dalam bentuk PDF. Tinggal upload asalkan berkas itu lengkap dan setelah itu tinggal ambil di ruangan penyedia SKBP”. Ujar Rahmandiansyah salah satu staf di bagian Tata Usaha.

Mahasiswa yang ingin membuat SKBP merasa dimudahkan tanpa kendala. “Menurut saya ini memudahkan karena tidak bolak balik lagi dari Banjarbaru ke Banjarmasin dan tinggal mengambil berkas saja yang sudah dicetak”. Ujar Sandera Indriani, salah satu mahasiswi FKIP Bahasa Inggris.

Tempat SKBP tersebut berada di perpustakaan pusat ULM Banjarmasin.
Buka hari Senin sampai Kamis jam 08.00 sampai 16.00 WITA dan untuk hari Jumat sampai pukul 16.30 WITA.

“Untuk pelayanan SKBP itu saya rasa sangat memudahkan apalagi untuk mahasiswa yang di angkatan saya yang sedang mengurus skripsi karena pengaplikasiannya cukup menggunakan handphone tidak perlu ke warnet atau menggunakan perangkat komputer. Dan bagusnya ketika saya pergi ke kantornya, di sana pelayanannya sangat cepat dan hanya membutuhkan waktu kira-kira 3 menit saja”, kata Novy Listiana mahasiswi Fakultas Hukum ULM.

“Harapan saya ke depannya fakultas harus lebih aktif dalam memberikan informasi mengenai layanan SKBP ini, ataupun hal-hal yang perlu dilakukan sebelum atau sesudah sidang skripsi sampai pada tahap wisuda secara rinci”, lanjutnya.

Itulah salah satu kemudahan yang di sodorkan oleh pihak universitas kepada mahasiswa. Jadi untuk para pejuang skripsi, tetap semangat ya!

Peliput : Mika dan Erig

Editor : Resha

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *