Tiktok Kalahkan Google Sebagai Media Informasi, Ini Alasan Gen Z
Entertainment

Tiktok Kalahkan Google Sebagai Media Informasi, Ini Alasan Gen Z 

Studi menyebutkan, Generasi Z atau yang biasa dikenal dengan sebutan Gen Z lebih memilih aplikasi TikTok daripada Google untuk mencari informasi secara online. Hal ini tentunya bukan hanya menjadi tren sesaat, melainkan suatu perubahan besar dalam cara kita mengonsumsi informasi dari internet.

Eksistensi Google menurun sejak adanya platform baru seperti Tiktok dan Instagram, selama beberapa tahun terakhir, generasi Z mulai berhenti menggunakan kebiasaan “Googling” saat bingung mencari informasi. Mereka lebih suka mengunjungi TikTok untuk mendapatkan informasi tentang berbagai hal, seperti rekomendasi tempat makan dan produk fashion. 

“Dalam penelitian kami, sekitar hampir 40 persen anak muda, ketika mereka mencari tempat makan siang, mereka tidak membuka Google Maps atau Search. Mereka membuka TikTok atau Instagram,” ujar Prabhakar Raghavan, Wakil Presiden Senior Google.

Ada beberapa alasan kenapa generasi muda lebih suka mencari informasi melalui aplikasi Tiktok dibandingkan google:

1. Mereka lebih tertarik dengan konten visual

Informasi yang disampaikan lewat video singkat yang menghibur dan to the point dianggap lebih seru dan efisien dibandingkan harus membaca artikel panjang atau klik tautan satu persatu di Google.

2. Pengalaman pengguna yang lebih autentik

Video review, tutorial, maupun rekomendasi yang memperlihatkan secara langsung terasa lebih nyata dibandingkan hanya kata-kata.

3. Tiktok mempelajari perilaku pencarian pengguna

Algoritma Tiktok yang terbentuk dari perilaku pencarian dan tontonan pengguna, memberikan kemudahan bagi mereka untuk menemukan informasi sesuai dengan keinginannya.

Bagi Gen Z, kunci utama dalam mencari informasi ialah kecepatan, visualisasi, dan autentisitas. Mereka menginginkan hasil pencarian yang cepat sesuai dengan yang mereka mau, langsung, dan didukung oleh rekomendasi orang-orang yang bisa mereka percayai.

Peliput : Alya Rubiati

Editor : Yunita Alifah Haura

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *