ChatGPT Berbayar, OpenAI Umumkan Tarif Rp333 Ribu per Bulan
Entertainment

ChatGPT Berbayar, OpenAI Umumkan Tarif Rp333 Ribu per Bulan 

Peristiwa.info- OpenAI, perusahaan yang mengembangkan ChatGPT akan mulai mengenakan biaya langganan sebesar Rp333 ribu per bulan. ChatGPT yang semakin populer di seluruh dunia adalah kecerdasan buatan yang mampu merespons pertanyaan dalam format percakapan seperti berbicara dengan seorang guru di kelas, namun dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi.

Menurut laporan The New York Times, biaya langganan ini diproyeksikan akan terus meningkat dalam lima tahun mendatang hingga mencapai Rp665 ribu per bulan. Rencana ini bertujuan untuk membantu OpenAI mencapai target pendapatan sebesar 3,7 miliar dolar AS (Rp56 triliun) pada akhir tahun, meskipun mereka diperkirakan akan merugi hingga 5 miliar dolar AS (Rp76 triliun) akibat tingginya biaya operasional.

OpenAI yang didirikan pada tahun 2015 oleh Elon Musk dan Sam Altman, telah meraup pendapatan sekitar 300 juta dolar AS (Rp.4,5 triliun) pada Agustus 2023. Layanan berbayar ChatGPT diharapkan menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan profitabilitas di tengah persaingan industri kecerdasan buatan yang semakin ketat.

Namun, tarif ini kemungkinan akan mempengaruhi jumlah pengguna, terutama di negara seperti Indonesia, di mana adaptasi terhadap layanan berlangganan mungkin lebih lambat dibandingkan pasar lainnya. Pengguna yang terbiasa menggunakan versi gratis kini harus mempertimbangkan biaya ini jika ingin terus menikmati fitur-fitur premium.

Peliput: Rizky Amelia

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *