Kabar Kampus

Apa itu Sistem Kebut Semalam dan Dampaknya pada Mahasiswa? 

peristiwa.info – SKS adalah singkatan dari sistem kebut semalam, istilah sistem kebut semalam terkenal di kalangan mahasiswa. Sistem ini biasanya digunakan mahasiswa untuk mengerjakan tugas secara cepat dalam waktu yang singkat dengan deadline yang sudah ditentukan.

Sistem kebut semalam tentu saja tidak baik dan bisa menyebabkan keteledoran dan juga menyebabkan stress, di karenakan banyak mahasiswa yang sering menerapkan sistem ini untuk mengerjakan sebuah proyek ataupun tugas. Maka dari itu banyak mahasiswa yang bergadang dan lupa untuk menjaga kesehatan.

Sistem kebut semalam tentu saja tidak efektif untuk dilakukan terus menerus dan termasuk dalam kebiasaan buruk. Sistem kebut semalam juga memperikan dampak negatif kepada fisik dan otak.

Nabila Nur Aisyah Putri sebagai salah satu mahasiswa Fakultas Hukum ULM menanggapi tentang kebiasaan SKS di kalangan mahasiswa “Pendapat saya mengenai sistem kebut semalam adalah suatu sistem yang ibaratnya seperti penyakit mahasiswa yang bisa tiba-tiba kambuh. SKS sendiri diterapkan mungkin karena suatu kesibukan yang menyebabkan seseorang baru mempersiapkannya pada saat mendekati deadline untuk esok harinya. Tidak jarang sistem kebut semalam ini sebagai alternatif seseorang agar lebih terpacu untuk menyelesaikan tugasnya.” ujarnya.

Beliau juga menambahkan “Beberapa orang merasa lebih fokus dan bersemangat untuk menyelesaikan atau mempersiapkannya ketika sudah mendekati deadline, namun tentu saja hal ini banyak terdapat kekurangan seperti tidak terlalu paham materi, kurang tidur, melewatkan waktu makan, dan hal ini pasti menimbulkan stress, maka sebaiknya dihindari”. ucapnya.

Maka dari itu sistem kebut semalam tidak dianjurkan dan lebih baik dihindari oleh mahasiswa.

Peliput: Azwa Asyiffa

Editor: Muhammad Firdaus Akmal

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *