Kabar Kampus

Selamat! Tim Ranger Himung Lolos Pendanaan PKM Bidang Pengabdian Masyarakat 

peristiwa.info – Empat mahasiswa yang tergabung dalam satu tim dari Fakultas Hukum ULM, telah lolos Pendanaan PKM di bidang Pengabdian Masyarakat. Empat mahasiswa tersebut di antaranya adalah, Muhammad Abdi Rahman, Davin Alroy, Noor Hafizah, dan Tajmila.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah kegiatan untuk meningkatkan mutu mahasiswa di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian serta memperkaya budaya nasional.

“Prosesnya kemarin kebetulan saya dan Kak Hafizah sudah pernah ikut PKM di tahun 2023 dan lolos seleksi universitas tapi belum lolos pendanaan, sehingga kami banyak mengevaluasi dan belajar juga dari tahun sebelumnya. Terus tahun ini ikut lagi, kami bentuk tim berempat bersama Abdi dan Davin dengan Kak Hafizah sebagai Ketua. Kami dibimbing oleh Bu Suci Utami, S.H., M.H., M.Han yang sangat luar biasa dan memberikan banyak sekali masukan dan saran untuk proposal kami. Struggle-nya sih mungkin dari segi penyusunan konsep yang inovatif dan pembuatan proposal yang sering direvisi karena ada kekurangan, tapi kami berusaha untuk selalu memperbaiki agar sesuai dengan pedoman yang sudah ditetapkan. Kami banyak belajar dalam proses penyusunan proposal ini, terutama terkait kerjasama tim” ucap Tajmila, salah satu anggota dari tim yang lolos pendanaan PKM.

Judul PKM-PM dari mereka sendiri adalah Ranger Himung: Mitigasi Kenakalan Remaja Melalui Peningkatan Resiliensi Hukum dengan Media Tutur Carita (Madihin) di SMPN 3 Banjarmasin.

“Secara garis besar, kami mengadakan serial workshop terkait materi pendidikan karakter yang berbasis rasa toleransi, anti kekerasan, dan kesetaraan gender untuk menekan kasus kenakalan remaja dengan metode interaktif melalui kesenian Madihin. Peserta kegiatannya adalah perwakilan siswa/i SMPN 3 Banjarmasin beserta Guru sebagai fasilitator yang tergabung menjadi Ranger Himung (Regu Aksi Nyata Generasi Remaja Harmonis, Inklusif, Mandiri, dan Unggul).“

Alasan mereka mengikuti PKM karena ingin berkontribusi dalam bidang pengabdian masyarakat, dan kebetulan isu terkait kenakalan remaja juga isu yang sangat penting untuk dimitigasi sejak dini. Alih-alih menyampaikan isu tersebut dengan cara sosialisasi yang membosankan, mereka mencoba mengintegrasikannya dengan kearifan lokal yaitu Budaya Madihin yang merupakan kesenian khas Banjar. PKM merupakan sarana yang tepat bagi mereka untuk merealisasikan kontribusi tersebut karena ada dukungan pendanaan dari Kemdikbudristek.

“Harapan kami, seluruh rangkaian PKM dari Tim Ranger Himung dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi mitra kami. Teman-teman semua dapat mendukung kami dengan cara follow akun instagram PKM kami @pkm.rangerhimung!” ungkap Tajmila.

Peliput: Zahra Nabilah

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *