Kabar Kampus

Keterlambatan Penginputan Nilai Membuat Mahasiswa Resah, Begini Tanggapan Dosen FH ULM 

peristiwa.info – Pada tanggal 27 Desember 2023 sampai dengan 10 Januari 2024 FH ULM melaksanakan UAS (Ulangan Akhir Semester). Ini juga merupakan UAS pertama yang dilakukan oleh para mahasiswa baru, para mahasiswa tentunya sangat menantikan hasil dari perkuliahan mereka selama satu semester yang dirangkum dalam bentuk IP.

IP (Indeks Prestasi) merupakan ukuran keberhasilan mahasiswa dalam menempuh perkuliahan dalam satu semester. Maraknya keterlambatan dalam pengisian nilai membuat banyaknya mahasiswa FH ULM khususnya mahasiswa baru merasa khawatir dan resah terhadap nilai yang mereka dapatkan.

Menurut Sasa Liza salah satu mahasiswa baru FH ULM, yang menjadi penyebab keterlambatan penginputan nilai dikarenakan dosen pastinya punya kegiatan lain di luar dari mengajar entah itu penelitian atau sebagainya. “Tetapi jujur karna ini semester pertama jadi deg-degan dan takut ngeliatnya, bikin khawatir sih jadi kalo makin lama tuh makin gak enak rasanya. kalau bisa langsung semuanya aja nilai keluar biar lega.” ujar Sasa Liza.

Keterlambatan nilai juga berdampak pada kondisi mahasiswa baru. Mereka mengaku dilanda perasaan cemas, tidak tenang, dan sulit berkonsentrasi. “Semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini karena walaupun hanya nilai tapi pastinya ada beberapa orang yang memiliki tingkat kecemasan yang berbeda-beda dan itu bisa menyebabkan pikiran negatif yg muncul jika berlarut-larut.” ujar Azra salah satu mahasiswi FH ULM.

Beberapa mahasiswa baru berharap pihak universitas dapat segera memperbaiki sistem administrasi akademik terkait pengumuman nilai. Mereka ingin nilai bisa diumumkan secepatnya. Dengan begitu, mahasiswa baru tidak perlu dilanda kecemasan panjang menanti nasib nilai mereka.

Tetapi hal itu tentu saja tidak bisa dilakukan dengan cepat disebabkan adanya kendala. Menurut salah satu Dosen Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat Bapak Sofyan Angga Fahlani S.H., M.H. Ada tiga kendala penyebab keterlambatan penginputan nilai.

“Pertama, kendala teknis berupa kendala yang berupa bersifat teknis jaringan atau sistem elektronik yang mungkin maintenance dan bersifat software atau hardware. Kedua, kendala dari pengujinya yang memang ada halangan atau kesibukan biasanya ada masa dia minggu pengisian nilai dan terkadang ada penguji yang memang mengisi nilai mendekati hari akhir. Dan yang terakhir kendala dari mahasiswa yang terkadang ada nilai UTS-UAS atau tugasnya dia tidak mengerjakan dan tidak konfirmasi terus ketika nilai sudh di input mau akhir validasi baru dia mencari mau susulan nah ini yang menghambat juga.” ujar beliau.

Peliput: Felix Ananda Sutanto & Gusti Aliya Zafira

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *