Kabar Kampus

KPU Buka Lowongan KPPS Pemilu 2024, Mahasiswa Dapat Ikut Serta 

peristiwa.info – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk pemilu tahun depan.

Mahasiswa dan masyarakat umum dapat mendaftar KPPS dengan cara mengunjungi sekertariat PPS Desa/Kelurahan setempat. Pendaftaran berlangsung dari hari Senin, 11 Desember 2023 sampai dengan Rabu, 24 Januari 2024. Kemudian pelantikan anggota KPPS yang terpilih akan dilaksanakan pada Kamis, 25 Januari 2024 mendatang.

Masa kerja KPPS sendiri bakal dilaksanakan tanggal 25 Januari 2024-25 Februari 2024. KPPS sendiri dibentuk buat mengawasi pemilihan suara agar tidak terjadinya penyimpangan dalam pemungutan suara.

Syarat pendaftaran KPPS terdapat dalam Peraturan KPU No. 8 Tahun 2022 Pasal 35 ayat 1 yaitu:

• Warga Negara Indonesia (WNI).

• Usia minimal 17 tahun dan maksimal 55 tahun.

• Setia kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

• Integritas, kekuatan pribadi, kejujuran, dan keadilan.

• Tidak menjadi anggota partai politik atau setidaknya tidak menjadi anggota partai politik selama 5 tahun terakhir, yang dibuktikan dengan surat pernyataan yang sah.

• Berdomisili di wilayah KPPS.

• Jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.

• Pendidikan minimal Sekolah Menengah Atas atau Sederajat.

• Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih.

Menurut Abdullah Zaky Zuhair selaku Ketua DPM FH ULM “Dengan dibukanya KPPS untuk mahasiswa merupakan peluang bagi mahasiswa untuk mengawal proses pemilu 2024 dengan benefit pengalaman serta pengetahuan tantang jalannya pemilu dengan catatan pengelolan dan pembinaan yang dilakukan KPU berjalan dengan baik agar meminimalisir hal-hal yg tidak diinginkan dalam pelaksanaan pemilu 2024.” ucap beliau.

Sedangkan menurut Ketua BEM FH ULM M. Nooryasin Irhami “Alasan KPU membuka kesempatan terhadap mahasiswa karena kurangnya KPPS tahun lalu, jika mahasiswa tertarik dengan KPPS saya sangat mendukung tapi wajib menjalankan tugas dengan baik jika kita mengikuti KPPS tentu kita akan mendapat relasi dan pengalaman baru serta benefit lainnya.” ujar beliau.

Peliput: Septian Nur Ahmad Fauzy & Tri Restu Wahyuasih

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *