Kabar Kampus

Pengaruh Buku Online terhadap Perpustakaan FH ULM, Membawa Peluang atau Tantangan? 

peristiwa.info – Seperti yang kita ketahui, perpustakaan selalu sangat membantu mahasiswa FH ULM terutama untuk mencari referensi seperti publikasi karya ilmiah dari dosen maupun dari senior yang telah lulus sebelumnya. Perpustakaan telah menyediakan sarana dan prasarana untuk memfasilitasi dalam proses menyediakan semua hal itu, terutama akses informasi.

Namun, pada era sekarang buku online lebih banyak digunakan oleh masyarakat, terutama mahasiswa FH ULM dan mulai menggeserkan posisi penggunaan buku fisik. Di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat sendiri terutama mendapati mahasiswanya menggunakan buku online, lalu bagaimana dengan jalannya perpustakaan FH ULM dengan adanya buku online pada era sekarang ini? Dampak apa saja yang dibawanya?

Ternyata dampak yang dibawa oleh buku online dan website dinilai sangat memudahkan, terutama dalam tugas untuk mengelola perpustakaan lebih signifikan dan fleksibel, seperti membuat data-data buku jauh lebih tertata dan pencarian untuk buku hanya perlu memasukkan keyword tertentu di komputer Staff Perpustakaan. Namun, Fakultas Hukum ULM sendiri belum tentu siap dari sistem informasi yang didapat, contoh seperti peminjaman buku yang seharusnya digital, kenyataannya sebagian masih dilakukan secara manual.

Adanya buku dan website online ternyata juga tidak membuat pengunjung perpustakaan FH ULM menurun, berdasarkan data yang dimiliki oleh Staff Perpustakaan, selalu ada peningkatan pengunjung di perpustakaan akan tetapi ada waktunya juga penurunan di bulan-bulan tertentu, seperti bulan Desember pengunjung dinilai sangat kurang dikarenakan UAS dan terutama saat pergantian semester dan tahun.

Bapak Riki selaku Staff Perpustakaan FH ULM juga mengutarakan harapannya agar perpustakaan FH ULM ini agar semua terdigitalisasi. “Karena kita sudah didukung oleh layanan sistem informasi berupa website, aplikasi, pencarian data skripsi, buku online, referensi, dan lain-lain. Maka kita juga tidak boleh ketinggalan, masa di fakultas dan universitas lain sudah digital semua tapi untuk Fakultas Hukum ULM kita masih manual? Mau peminjaman, pengembalian buku, dan kunjungan perpustakaan itu perlu untuk di digitalisasi,” tutupnya

Peliput: Yunita Alifah Haura & Valennanda Rakha Fadillah

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *