Kabar Kampus

Kemenangan Telak! Hasil Perhitungan Suara PEMILUMA ULM 2023 

peristiwa.info – Rabu (13/12), KPU-M ULM telah mengumumkan Hasil Rekapitulasi Perhitungan Suara PEMILUMA ULM tahun 2023 untuk Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM ULM Periode 2024 yang terlampir dalam Berita Acara No: 033/BA/KPU-M/ULM/XI/2023.

Sebelumnya, pada hari Senin, 11 Desember 2023 yang lalu telah dilakukan kegiatan Pemungutan Suara yang dilakukan serentak di empat tempat yang berada di kampus I dan II ULM. Dalam Rekapitulasi Perhitungan Suara untuk Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BEM ULM yang terpilih tersebut dihadiri langsung oleh pasangan calon (paslon) Nomor Urut 02, beserta saksi dari peserta PEMILUMA ULM, serta diwakili oleh BAWASLU-M, PPS, dan PANWASLU ULM.

Kemudian pada hari Selasa, 12 Desember 2023, KPU-M ULM telah mengeluarkan Berita Acara tentang Hasil Rekapitulasi Perhitungan Suara untuk Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM ULM dan menghasilkan paslon Nomor Urut 02 sebagai Ketua dan Wakil Ketua BEM yang terpilih.

Adapun hasil dari rekapitulasi pemungutan dan perhitungan suara perolehan dari Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FH ULM sebagai berikut:

1. Surat suara sah : 2.513 suara

2. Surat suara tidak sah : 208 suara

3. Jumlah surat suara nomor urut 01 : 422 suara

4. Jumlah surat suara nomor urut 02 : 2.091 suara.

Dari data hasil rekapitulasi di atas, persentase suara paslon dengan nomor urut 01 memperoleh suara sebanyak 16,79% suara dan nomor urut 02 memperoleh suara sebanyak 83,21% suara.

Meskipun kegiatan PEMILUMA tahun 2023 telah usai, namun bukan berarti berjalan mulus tanpa kendala. Muhammad Hilman Ghani selaku Ketua KPU-M ULM mengungkapkan kendala apa saja yang muncul dalam Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BEM ULM ini. “Timeline berubah dikarenakan tidak adanya yang mendaftar untuk menjadi Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua BEM ULM juga terjadi kekeliruan dalam perhitungan suara dan harus dihitung ulang, namun semua berjalan lancar berkat kerja keras panitia,” katanya.

Selain itu, Muhammad Hilman Ghani juga mengungkapkan bahwa menurunnya tingkat pemilih mahasiswa dari tahun ke tahun. “Untuk tahun ini harus diakui bahwa pemilih mahasiswa menurun. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir jumlah yang ikut memilih dalam pemiluma mahasiswa terus menurun. Maka dari itu saya berharap KPU-M ULM yang bertugas untuk menginformasikan lebih masif lagi kepada semua,” tutupnya.

Peliput : Dinda Nur Humaira & Muhammad Zaydan Musaffa

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *