Kabar Kampus

BPJS Ketenagakerjaan Mengadakan Kuliah Tamu di FH ULM 

peristiwa.info – Rabu (7/12), telah berlangsung Kuliah Tamu bersama BPJS Ketenagakerjaan yang diadakan oleh BPJAMSOSTEK. Kelas ini dihadiri oleh 30 mahasiswa dari semester 1 hingga mahasiswa dari semester 5. Agenda ini bertempat di Ruang Kuliah B 1.2 Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangurat.

Adapun materi yang disampaikan mengenai Sosialisasi Program BPJS KETENAGAKERJAAN dengan slogan “Magang Cerdas Bebas Cemas”. Materi ini mendapat sambutan antusias dari mahasiswa, terlihat dari bagaimana antusiasnya para peserta saat menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh pembicara, Salman. Materi ini secara khusus ditujukan kepada mahasiswa semester 5 yang tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti magang di semester berikutnya sebagai salah satu syarat kelulusan.

Mengutip dari materi yang dipaparkan oleh pembicara Salman dan Astriani, BPJS Ketenagakerjaan memperkenalkan 3 program mereka antara lain: Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Program ini meliputi 3 target yang ditujukan kepada mereka yang terkena cedera, cacat, hingga lumpuh pasca bekerja. Program ini melayani pembayaran biaya pengobatan tanpa batas nominal hingga pasien sembuh total. Sementara Program Jaminan Kematian (JKM) ditujukan kepada keluarga yang ditinggalkan, meliputi biaya pemakaman dan juga beasiswa pendidikan bagi anak-anaknya. Kemudian Program Jaminan Hari Tua (JHT) untuk mereka yang sudah mengundurkan diri dan sedang tidak aktif bekerja maupun terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Bagi mereka yang sudah terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan, dapat menerima program ini dan santunan hingga 42 juta. 

Suci Permata Sari sebagai salah satu pembicara pada kelas ini, menghimbau agar mahasiswa yang sedang mempersiapkan diri untuk magang bisa mendaftarkan dirinya ke program BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan perlindungan semasa magang. “Tidak ada yang bisa memprediksi kapan kecelakaan di tempat kerja akan terjadi, sehingga ada baiknya mengantisipasi kemungkinan terburuk dengan mendaftarkan diri ke BPJS Ketenagakerjaan agar tidak membebani pihak mahasiswa maupun kerabatnya apabila terjadi kecelakaan.” tutupnya.

peliput : Angeline Elysia Santosa & Ardane Aryasatya Surya Negara

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *