Kabar Kampus

Fenomena FOMO di Kalangan Mahasiswa, Begini Pendapat Mahasiswa FH ULM 

peristiwa.info – Kalangan Anak Muda Sekarang mengenal Istilah FOMO yang merupakan singkatan dari Fear Of Missing Out yang artinya takut ketinggalan. FOMO sendiri merupakan suatu bentuk rasa takut merasa tertinggal karena tidak mengikuti aktivitas tertentu yang sedang populer atau yang sering dilakukan orang lain.

FOMO sering muncul di kalangan remaja dan mahasiswa karena usia muda merupakan usia labil dan penggunaan medsos yang cukup tinggi di kawula muda. Medsos merupakan sarana penyebaran informasi yang cepat dan FOMO sering dipicu oleh postingan medsos orang lain.

FOMO sendiri dapat menimbulkan stres, kekhawatiran berlebihan, hingga membuat keputusan-keputusan yang merugikan karena ketakutan tidak bisa mengikuti perkembangan zaman atau merasa tertinggal dari orang lain.

Salah satu mahasiswa FH ULM berpendapat “FOMO telah menjadi hal yang lumrah di kalangan mahasiswa, banyak orang-orang di sekitar saya yang takut akan kehilangan suatu momen tertentu apabila mereka tidak melakukan hal yang sedang trend saat itu. Perkembangan teknologi informasi dan kesenggangan kesibukan aktivitas belajar mengajar mahasiswa menjadi salah satu faktor utama dalam maraknya Fear Of Missing Out di kalangan mahasiswa” Ucap Beliau.

Sedangkan menurut mahasiswi FH ULM lainnya berpendapat “Semua orang akan FOMO pada waktunya, tergantung intensitas nya saja yang berbeda-beda. Kalau dari saya pribadi meliat FOMO ini sangat merugikan apabila kita tidak dapat mengontrol diri. Diantaranya tidak bisa lepas dari social media dan terus merasa kurang puas, bahkan sampai harus mengeluarkan banyak uang diluar kebutuhan. Ketika kita yang sudah tau bahwa FOMO itu adalah hal yang negatif, penting bagi kita untuk mengetahui langkah apa yang harus kita ambil. Seperti pengendalian diri dan mengatur skala prioritas keinginan dan kebutuhan. Hal yang paling penting menurut saya adalah mencintai dan lebih menghargai diri sendiri, karena ketika kita menghargai diri sendiri maka kita tidak perlu takut atau cemas saat kita tidak melalukan apa yang orang lain lakukan” Ujar Beliau.

Kemudian salah satu Dosen FH ULM Prof. Dr. Anang Shopan Tornado, S.H., M.H., M.Kn. memberikan pendapatnya mengenai mahasiswa yang mengalami FOMO “FOMO itu adalah gejala sosial dan pada dasarnya mahasiswa FOMO itu hanya ingin menunjukkan eksistensi diri dan ingin diakui, eksistensi itu dapat ditentukan dengan barang-barang mahal, branded, dan terbaru yang dimilikinya” Ujar Beliau.

“Jika FOMO ini tidak ditanggulangi, hal ini bisa saja dapat memicu seseorang untuk melakukan tindak kriminal, asusila, atau lainnya karena rasa ingin diakui yang berlebih” Ucap Beliau.

Peliput: Muhammad Hafiz Nurrahman

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *