Kabar Kampus

Kajian Hukum Investasi Menjadi Opsi Menarik untuk Tugas Akhir Mahasiswa Hukum 

peristiwa.info – Menyelesaikan tugas akhir menjadi salah satu kewajiban mahasiswa untuk memperoleh gelar Sarjana, tak terkecuali bagi mahasiswa hukum. Terdapat berbagai topik tugas akhir yang menarik untuk dikaji kalangan mahasiswa hukum, salah satunya adalah lingkup hukum investasi.

Ada beberapa rekomendasi topik hukum investasi bagi mahasiswa hukum. Seperti hukum investasi dalam kaitannya dengan sektor-sektor industri yang tergolong baru di Indonesia dan belum diatur khusus oleh pemerintah. Seperti di sektor teknologi, industri, kimia serta farmasi, dan properti. Mulai dari struktur investasi yang berbeda-beda dengan keterkaitannya terhadap hukum yang berlaku di Indonesia, risiko-risiko investasi dari perspektif hukum, sampai dengan hukum investasi berhubungan dengan sektor industri yang tergolong baru di Indonesia.

Prof. Dr. Anang Shophan Tornado, S.H., M.H., M.Kn., salah satu Guru Besar bidang Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat pun memberi tanggapan mengenai hal tersebut. “Bagus saja, kami menyambut baik, artinya tugas akhir merupakan sumbangsih pendidikan dari akademisi Strata-1 (satu) dalam konteks nasional kita dapat memetik manfaat karena sejak ditetapkannya Omnibus Law sebagai tanda keseriusan pemerintah dalam menjamin kepastian hukum investasi.” Ucapnya.

Di dalam hukum investasi terdapat berbagai struktur yang berbeda dan mungkin bisa menjadi topik menarik yang direkomendasikan untuk mahasiswa hukum kaji dalam penelitian tugas akhir. Mahasiswa dapat mempelajari lebih lanjut terkait alokasi risiko dan manajemen risiko, mitigasi resiko, hingga perihal identifikasi risiko investasi di Indonesia apabila dilihat dari kacamata hukum. Untuk kemudian hasil dari penelitian dapat memberikan gambaran untuk bagaimana hal-hal itu direfleksikan nantinya melalui dokumen perjanjian.“

Ketika hukum investasi dijadikan sebagai tugas akhir, tentunya akan melahirkan pemikiran-pemikiran baru yang menambah kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam Omnibus Law dan juga peraturan-peraturan dibawahnya untuk menjadikan hukum investasi di Indonesia menjadi lebih aplikatif dan memberikan manfaat seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia.” Tutupnya.

Peliput: Mahathir Muhammad

Editor: Kenneth

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *