Kehilangan KTM? Ini Solusinya!
Kabar Kampus

Kehilangan KTM? Ini Solusinya! 

peristiwa.info – Kartu Tanda Mahasiswa atau yang biasa disingkat KTM adalah kartu yang berisikan identitas dari mahasiswa itu sendiri. Kartu Tanda Mahasiswa tersebut berisi tentang asal universitas, nama, NIM, dan dari fakultas mana mahasiswa itu berasal. Di beberapa fakultas, selain menjadi kartu identitas, KTM juga berfungsi sebagai beberapa persyaratan dalam bidang akademik, seperti untuk mendaftar seminar proposal atau pun sebagai persyaratan untuk mendaftar sidang skripsi.

Karena KTM merupakan hal ataupun benda yang sangat penting bagi kita sebagai mahasiswa, tentunya kita diwajibkan untuk menjaganya sebaik mungkin. Lantas bagaimana jika KTM yang kita punya hilang? Untuk hal tersebut tentunya sudah ada prosedur yang berlaku untuk bisa mendapatkan KTM kita kembali. Pak Muhammad Akbar, S.Pd, Staff Akademik Fakultas Hukum ULM, menjabarkan prosedur yang harus dilakukan oleh mahasiswa ketika kehilangan KTM adalah sebagai berikut :

  1. Mahasiswa diwajibkan melapor ke bagian akademik masing-masing fakultas.
  2. Ketika sudah melapor maka dari bagian akademik akan memberikan Surat Permohonan Dibuatkan Surat Keterangan untuk diisi oleh mahasiswa yang kehilangan KTM.
  3. Setelah mengisi Surat Permohonan tersebut mahasiswa akan diberikan Surat Rekomendasi dari fakultas untuk dibuatkan KTM baru kepada Rektorat.
  4. Lalu mahasiswa memberikan Surat Rekomendasi tersebut ke Rektorat agar dicetakkan KTM baru untuk mahasiswa tersebut.
  5. Ketika KTM tersebut sudah bisa diambil, maka pihak Rektorat akan menghubungi mahasiswa tersebut untuk mengambil KTM-nya.

Begitulah beberapa prosedur yang harus dilakukan oleh mahasiswa ketika kehilangan KTM. Maka dari itu, hendaknya setiap mahasiswa diharapkan untuk menjaga KTM-nya agar tidak disalahgunakan orang lain karena KTM merupakan hal/benda yang sangat penting ketika menjadi seorang mahasiswa. Bukan hanya sebagai identitas mahasiswa itu sendiri, tapi juga sebagai persyaratan dalam beberapa hal di bidang akademik.

Peliput: Heka Milyanti

Editor: Muhammad Firdaus Akmal

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *