Ekspedisi Batang Banyu: Mengeksplorasi Masyarakat Pesisir Banjar dari Generasi ke Generasi
Peristiwa News

Ekspedisi Batang Banyu: Mengeksplorasi Masyarakat Pesisir Banjar dari Generasi ke Generasi 

Peristiwa.info – Komunitas Batang Banyu mengadakan Ekspedisi Batang Banyu pada tanggal 1-2 September 2023, ekspedisi ini menitik beratkan bagaimana masyarakat memaknai lingkungan sungai, serta mengeksplorasi kehidupan masyarakat pesisir sungai terutama di wilayah Banjarmasin-Marabahan-Barito-Nagara sebagai jalur yang dilintasi dalam ekspedisi tersebut.

Ekspedisi Batang Banyu ini dipimpin oleh Prof. Dr. Hadin Muhjad, S.H., M.Hum. sebagai ketua tim ini dengan menggunakan perahu dagang Negara akan start di depan Dermaga Swissbell Hotel Borneo Banjarmasin dan dilepas oleh Rektor ULM, Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si. Jumat (1/9/2023) pagi.

“Misi Ekspedisi Batang Banyu ini merupakan napak tilas budaya dan peradaban sungai sebagai model pengembangan wilayah Batang Banyu. Kemudian, soal pengembangan sosial ekonomi masyarakat dan menangkap potensi dan tantangan pengembangan infrastruktur tepian Batang Banyu hingga penyadaran sosial politik masyarakat,” ucap Prof. Hadin Muhjad.

Dalam ekspedisi Batang Banyu ini diikuti puluhan peserta dari kalangan akademisi, peneliti, jurnalis, pengamat, aktivis lingkungan, mahasiswa, dan tokoh masyarakat di Kalimantan Selatan.

“Melalui Ekspedisi Batang Banyu ini ada beberapa komunitas masyarakat pesisir sungai yang akan disinggahi dan diadakan dialog seperti masyarakat Desa Keladan di Kabupaten Tapin, Margasari, masyarakat Nagara hingga ramah Tamah dengan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Tanjung,” tutur Hadin

peliput: Mahathir Muhammad

editor: Desyana Sari Rahayu Dharta

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *