Kabar Kampus

Sumbang Prestasi, Mahasiswi Fakultas Hukum ULM Berhasil Dapatkan Beasiswa ke Luar Negeri! 

Peristiwa.info – Global Youth Action memberikan kesempatan bagi pemuda/i Indonesia untuk menjadi salah satu penerima Beasiswa untuk mengikuti Youth Innovation Forum (YIF) di Singapore, Malaysia, & Thailand. Ada banyak pemuda/i yang mendaftarkan diri, namun ditahap seleksi ke-1 hanya ada 20 orang yang terpilih. Kemudian lanjut untuk melakukan seleksi tahap ke-2 yaitu wawancara secara daring, ditahap ini hanya ada 3 peserta yang terpilih, salah satunya adalah Mahasiswi dari Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat yaitu Diva Oktavina Ifada.

Awalnya Vina menemukan informasi Beasiswa “Youth Innovation Forum” lewat sosial media Instagram. Akun Instagram @Globalyouthaction adalah salah satu dari banyaknya organisasi yang aktif dalam mempromosikan Pendidikan yang berkualitas dan International Exposure. Oleh karena itu, Vina tertarik untuk mendaftarkan diri di salah satu program yang ditawarkan Global Youth Action, yaitu Youth Innovation Forum batch 7 yang akan dilaksanakan di Singapore, Malaysia, dan Thailand. Pada awal tahun, Vina sempat gagal menjadi salah satu awardee IISMA, namun lewat kegagalan tersebut Vina belajar, dan terus aktif mencari semua informasi beasiswa yang bisa dia akses lewat internet. Vina menjelajah situs pemberi beasiswa, dan beberapa akun sosial media dari organisasi kepemudaan di Indonesia maupun Internasional.

Persiapan Vina untuk mendaftarkan diri sudah dari bulan Mei dan sempat mendaftarkan diri untuk mengikuti beasiswa Youth Innovation Forum batch 5, namun sayangnya, Vina gagal di tahap seleksi substansi. Namun, Vina membulatkan tekadnya untuk mencoba mendaftar lagi di batch 7 yang seleksinya dilaksanakan di bulan Juli. Hingga akhirnya dengan hasil kerja keras, Vina berhasil masuk seleksi ke Top-3 delegasi penerimaan beasiswa YIF. Salah satu Goals yang ingin Vina capai dari mengikuti beasiswa YIF adalah menjadi salah satu peserta YIF yang masuk kedalam TOP 5 presentasi terbaik. Sebagai salah satu penerima beasiswa penuh dalam program YIF kali ini, Vina berambisi untuk menunjukan yang terbaik. Presentasi kali ini juga bertema mengenai Inovasi yang akan mempercepat terwujudnya poin-poin Sustainable Development Goals yang harus bisa dicapai di 2030.

Bagi mahasiwa/i lain yang ingin mendaftar beasiswa, Vina menyampaikan kunci dari keberhasilannya “Bagi mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa, saya sarankan untuk mempersiapkan diri sedini mungkin, karena salah satu persyaratan umum bagi pendaftar beasiswa biasanya merupakan seleksi berkas. Seleksi berkas sendiri biasanya berisi tentang Data diri, dan Essay. Untuk bisa menulis essay dengan baik, saya sarankan membaca essay-essay para pemenang beasiswa sebelumnya. Contoh essay yang baik dapat diakses melalui website maupun Youtube. Kedua, seleksi wawancara. Dalam menghadapi seleksi wawancara, penting bagi kita untuk berlatih untuk menyampaikan kelebihan dan kualitas diri kita dengan baik, salah satu hal paling penting dalam wawancara adalah menjadi otentik dan percaya diri. Untuk bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi, cobalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang umumnya diajukan saat wawancara. Bagi para pemberi beasiswa, sangat penting bagi mereka untuk melihat kita sebagi sosok yang punya kualitas dan bisa diandalkan, oleh karena itu kita juga harus menyesuaikan skills yang kita miliki dengan beasiswa yang ditawarkan.” Kata Vina dalam sesi wawancara.

Harapan Vina lewat beasiswa dari Global Youth Action ini adalah agar bisa melangkahkan kaki ke luar Negeri dan bisa meningkatkan kualitas diri dan memperluas jaringan dan koneksi dengan orang-orang di luar negeri. Vina juga berharap bisa menjadi generasi yang membawa perubahan bagi masa depan dan membawa nama Universitas Lambung Mangkurat.

Editor: Ahmad Zaki

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *