Merayakan Hari Raya Idul Adha, Waspada Kolesterol Menyerang
Lifestyle

Merayakan Hari Raya Idul Adha, Waspada Kolesterol Menyerang 

peristiwa.info – Makan daging sepertinya sudah menjadi hal yang wajib dalam perayaan Idul Adha, dengan banyak hidangan lezat dari olahan daging sapi atau kambing yang dibakar ataupun bersantan. Kolesterol tinggi seringkali dikaitkan dengan kebiasaan makan daging karena kandungan lemak jenuhnya. Maka dari itu, penting juga untuk menjaga keseimbangan dan memerhatikan aspek kesehatan saat menikmati hidangan daging terutama bagi penderita kolesterol tinggi. Agar kolesterol tidak naik saat Idul Adha, cara mengolah daging kambing dan sapi perlu diperhatikan. Salah satunya dengan tidak menggunakan santan pada olahan daging yang kamu masak. Melansir laman Verywell Health, berikut adalah beberapa tips yang bisa diperhatikan bagi penderita kolesterol.

Pahami Jenis Bagian Daging yang akan Dikonsumsi

Penderita kolesterol wajib memahami beberapa bagian daging yang mengandung banyak lemak sehingga perlu dihindari untuk dikonsumsi. Pasalnya beberapa jenis atau bagian daging ada yang mengandung lemak tinggi, misalnya saja sirloin, kulit hingga jeroan.

Batasi Asupan Lemak

Penderita kolesterol tinggi sebaiknya membatasi asupan lemak jenuh, termasuk lemak jenuh dalam daging. Daging merah berlemak seperti daging sapi, domba atau kambing biasanya memiliki kadar lemak jenuh yang cukup tinggi.
Jika ingin menikmati berbagai hidangan berbasis daging, lebih baik pilih daging yang lean atau daging yang memiliki kandungan lemak yang rendah. Biasanya daging lean ini memiliki ciri-ciri daging yang bagian lemaknya sudah dikurangi atau kita dapat mengurangi lapisan lemak pada daging sebelum diolah menjadi masakan.

Perhatikan Porsinya

Penting untuk mengontrol porsi daging yang dikonsumsi setiap kali kita makan. Utamakan porsi seimbang atau secukupnya agar daging yang kita makan tidak berlebihan.

Pilih Metode Masak yang Sehat

Cara memasak daging juga dapat memengaruhi jumlah lemak jenuh yang terkandung di dalam hidangan. Hindari olahan daging goreng atau terlalu banyak menggunakan mentega atau minyak saat sedang dimasak. Sebagai gantinya, akan lebih aman jika daging diolah dengan cara dipanggang dan tidak terlalu gosong, direbus atau daging yang dikukus untuk mengurangi tambahan lemak dan kolesterol dalam hidangan.

Kombinasikan Dengan Makanan Sehat Lainnya

Saat makan daging di perayaan Idul Adha, pastikan berbagai menu yang dikonsumsi sudah memiliki gizi seimbang. Artinya dalam satu porsi terdapat sayur-sayuran, biji-bijian utuh, buah-buahan hingga lemak sehat. Mengombinasikan makanan ini dapat membantu penderita kolesterol untuk menikmati makanan yang lebih seimbang secara nutrisi.

Peliput : Nazwa Amalia Putri 

Editor : Amanda Nabila


Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *