Universitas Lambung Mangkurat Tegaskan Tidak Ada Percaloan dalam Penerimaan Mahasiswa Baru
Kabar Kampus

Universitas Lambung Mangkurat Tegaskan Tidak Ada Percaloan dalam Penerimaan Mahasiswa Baru 

peristiwa.info – Dilansir melalui akun instagram @ssc.bemfhulm, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengeluarkan surat edaran kepada semua pihak terkait guna menegaskan bahwa tidak ada percaloan dalam proses penerimaan mahasiswa baru di Universitas tersebut (26/6). Surat ini ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Kepala SMA/SMK/MA, serta orangtua/wali/siswa SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia.

Dalam surat edaran ini, ULM menjelaskan beberapa hal penting sebagai berikut. 

Pertama, ULM menyelenggarakan tes masuk sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru, dengan tujuan untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas dan unggul. Prosedur ini dijalankan untuk memastikan seleksi yang adil dan objektif.

Kedua, ULM tidak bekerjasama dengan perorangan, kelompok, atau instansi lain dalam hal penerimaan mahasiswa baru. Pihak universitas menegaskan bahwa tawaran yang menjanjikan bantuan atau jaminan diterima pada Program Studi di ULM adalah tidak benar, dan mengimbau semua pihak untuk mewaspadai penipuan semacam ini.

Ketiga, biaya yang harus ditanggung oleh mahasiswa di ULM sudah diatur dalam Permendikbud yang terkait dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Universitas Lambung Mangkurat tidak memungut biaya tambahan diluar ketentuan biaya pendaftaran dan/atau biaya pendidikan sesuai dengan UKT yang berlaku. Pihak universitas menekankan agar calon mahasiswa dan orangtua/wali mengacu pada ketentuan resmi terkait besaran biaya yang berlaku.

Terakhir, ULM juga menginformasikan bahwa pada tahun 2023 tidak diberlakukan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru. Hal ini bertujuan untuk memastikan proses penerimaan yang transparan dan adil.

Surat edaran ini dikeluarkan untuk memberikan pemahaman dan menjadi pedoman bagi semua pihak terkait. ULM berharap agar surat ini dapat disampaikan kepada seluruh pihak yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di universitas ini.

Peliput: Rizky Jatmiko Saputra

Editor: Alya Amanda Agustina 

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *