Anda Mengalami Hal Ini? Bisa Jadi Anda Mengalami Dehidrasi
Lifestyle

Anda Mengalami Hal Ini? Bisa Jadi Anda Mengalami Dehidrasi 

peristiwa.info – Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kekurangan cairan atau jumlah cairan yang keluar lebih banyak dari cairan yang masuk. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya asupan cairan tubuh atau pengeluaran cairan secara berlebihan akibat muntah atau diare. 

Berkurangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak akibat dehidrasi dapat mempengaruhi kadar mineral, garam, dan gula dalam darah. Kondisi ini berpotensi mengganggu fungsi organ tubuh dan menyebabkan komplikasi serius jika tidak segera ditangani dengan tepat. Meski dapat terjadi pada siapa saja, dehidrasi lebih sering dialami oleh bayi, anak-anak, dan lansia. Data statistik internasional Medscape mendata setidaknya ada 4 juta bayi dan anak-anak yang meninggal setiap tahunnya akibat dehidrasi yang disebabkan oleh diare. 

Pada dasarnya, cairan tubuh akan dikeluarkan melalui keringat dan urine. Maka dari itu, Anda disarankan untuk segera mengganti cairan tersebut guna mencegah terjadinya dehidrasi. Bahkan, hal-hal sederhana seperti lupa minum karena terlalu sibuk beraktivitas pun dapat memicu terjadinya dehidrasi. 


Beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi adalah sebagai berikut:

• Diare, yaitu gangguan pencernaan yang menyebabkan frekuensi BAB meningkat dan membuat cairan tubuh terbuang bersama feses.

• Berkeringat berlebihan (hiperhidrosis).

• Menderita penyakit tertentu, seperti sariawan atau radang tenggorokan yang membuat penderitanya kesulitan minum.

• Demam, kondisi ini menyebabkan tubuh banyak berkeringat.

• Luka bakar, kulit yang rusak akibat luka bakar kehilangan kemampuannya untuk menahan kadar air. 

Karenanya, akan lebih baik jika Anda mulai menerapkan kebiasaan minum air mineral minimal dua liter per hari. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan berbagai cara berikut:

• Jika sedang demam, pastikan mengonsumsi banyak cairan, terlebih jika mengalami gejala muntah dan diare.

• Penuhi cairan yang diperlukan di sela olahraga atau aktivitas berat di luar rumah.

• Ketika berada di tempat yang panas, gunakan pakaian yang nyaman, berbahan tipis, dan memiliki sirkulasi udara yang baik seperti pakaian berbahan katun.

Peliput: M. Ridho Putra Hidayat

Editor: Alya Amanda Agustina 

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *