Ini 5 Makanan Pencegah Sesak Nafas dan Optimalkan Fungsi Paru-Paru
Lifestyle

Ini 5 Makanan Pencegah Sesak Nafas dan Optimalkan Fungsi Paru-Paru 

peristiwa.info – Menjaga asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat membantu mengoptimalkan fungsi paru-paru agar lebih sehat. Terutama pada orang yang memiliki gejala sesak napas seperti asma, alergi atau orang yang mencoba berhenti merokok.

Sejumlah makanan berikut ini setidaknya perlu dikonsumsi secara rutin agar menghindari gejala sesak napas dan menjaga fungsi paru-paru agar tetap normal. Dengan rutin mengonsumsi sejumlah makanan berikut ini, gejala sesak napas dapat dicegah karena nutrisi dari makanan tersebut bisa menjaga paru-paru tetap sehat.

Dilansir dari laman The Healthy, berikut adalah makanan yang memiliki manfaat untuk mencegah gejala sesak napas:

1. Apel
Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa apel dikemas dengan asam fenolik dan flavonoid yang dikenal dapat mengurangi peradangan di saluran pernapasan.

2. Minyak Zaitun
Minyak zaitun dapat membantu melawan resiko kesehatan yang terkait dengan polusi udara yang berkontribusi dalam menyebabkan tekanan darah tinggi hingga gangguan pembuluh darah.

3. Teh Hijau
Teh hijau mengandung senyawa berupa antioksidan yang kuat dan disebut katekin. Senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi dan dapat melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif.

4. Biji-Bijian
Biji-bijian seperti biji bunga matahari dan biji rami mengandung magnesium yang tinggi dan mineral yang baik untuk penderita asma. Senyawa magnesium ini membantu otot-otot di saluran pernapasan menjadi lebih rileks serta mengurangi tingkat peradangan di dalam tubuh.

5. Bawang Putih
Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba. Konsumsi bawang putih mentah atau dimasak dapat membantu menjaga saluran pernapasan, hal itu dibuktikan melalui sebuah studi yang diterbitkan dijurnal Cancer Epidemiology, Biomakers & Prevention yang menemukan fakta bahwa orang yang makan bawang putih mentah lebih kecil kemungkinan terkena kanker paru-paru.

Sumber: The Healthy

Peliput : M. Fadillah

Editor : Gabriella Christina Tambayong

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *