Hebat! Mahasiswa Fakultas Hukum ULM Lolos IISMA 2023 di Yale University
Kabar Kampus

Hebat! Mahasiswa Fakultas Hukum ULM Lolos IISMA 2023 di Yale University 

peristiwa.info – Eka Tiara Septiani, yang biasa disapa Eka, Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berhasil lolos program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2023. Dilansir dari kemdikbud.go.id angka pendaftar tahun ini mencapai 10.496 mahasiswa program sarjana.

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) sendiri merupakan bagian dari program Kampus Merdeka atau MBKM dari Kemendikbud Ristek RI untuk memberangkatkan mahasiswa Indonesia belajar selama satu semester di universitas terbaik dunia. 

Adapun Program IISMA 2023 bertujuan untuk memberikan hak dan kesempatan kepada mahasiswa mengembangkan kompetensi dan pengetahuan, memberikan pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri, serta memperluas relasi dengan mahasiswa luar negeri. Melalui program IISMA ini mahasiswa dapat mengambil mata kuliah untuk pengembangan diri yang diminati dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku di perguruan tinggi mitra di luar negeri dan perguruan tinggi asal mahasiswa.

Sementara itu, Eka yang mengetahui hasil kelulusanya di program IISMA 2023 mengungkapkan perasaan yang tak terduga karena berkesempatan untuk belajar di salah satu kampus Ivy League yang bergengsi di Amerika Serikat dan seluruh dunia.

“Tentu senang. Karena tidak menyangka bisa lolos di Yale yang mana itu salah satu kampus Ivy League,” tuturnya.

Untuk dapat terpilih sebagai peserta Program IISMA, Eka mengatakan bahwa banyak persiapan yang dilalui seperti, persiapan tes bahasa Inggris, menyusun esai, dan dokumen-dokumen lain yang dilakukan selama periode registrasi di bulan Februari sampai dengan Maret.

“Selama proses registrasi tentunya sempat merasa stres dan beberapa kali tidak percaya diri. Namun akhirnya tetap memutuskan untuk mencoba mendaftar dan melakukan persiapan sebaik mungkin. Untuk urusan hasil, saya mencoba untuk tidak terlalu menarget harus lolos, tapi cukup ambil pengalamannya dan nikmati prosesnya,” ucapnya.

Adapun Eka melanjutkan dengan kalimat penutup berupa harapan kedepannya ketika program ini berjalan.

“Aku sendiri berharap semoga program ini bisa membawa banyak manfaat dan membuka kesempatan mahasiswa Indonesia terhadap pendidikan yang berkualitas,” pungkasnya.

Peliput: Alya Amanda

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *