Kabar Kampus

Adakan Diskusi Online, BEM FH ULM Bahas Perempuan Generasi Penerus Kartini 

peristiwa.info – Sabtu, 29 April 2023 kemarin BEM FH ULM telah melangsungkan Diskusi Online yang bertemakan “Refleksi Diri Menjadi Wanita Bervalue Tinggi Demi Lahirkan Kartini Modern Untuk Indonesia Emas 2045”. Kegiatan ini dilaksanakan secara online dengan siaran lansung melalui akun Instagram BEM FH ULM. Diskusi ini mengundang Lena Hanifah S.H., LL.M., Ph.D., sebagai narasumber. Tentu dalam rangka memperingati Hari Kartini, diskusi ini ditujukan bagi para perempuan agar dapat menciptakan kesadaran dan high valuenya sebagai Kartini modern, sehingga dapat menyukseskan Indonesia Emas 45.

Lena Hanifah juga menceritakan secara singkat sejarah dari R.A Kartini. Banyak isu perempuan yang melingkupi Kartini, misalnya saja tentang isu keterbatasan akses pendidikan, isu diskriminasi ruang publik hingga isu yang sampai saat ini masih sering terjadi yaitu isu poligami, dan masih banyak lagi isu yang dialami perempuan pada zaman R.A Kartini. “Yang paling penting dalam kesetaraan gender adalah laki lakinya, harus dibuka pikirannya tidak boleh baku, hanya aku (laki laki) yang dilayani,” ujar Lena Hanifah.


Selain itu Lia selaku Penanggung Jawab acara juga menyampaikan terkait bagaimana perempuan sebagai penerus Kartini pasa zaman sekarang, “Pada era sekarang, tidak banyak orang punya kesadaran karena banyak pemicunya baik dari segi tekhnologi ataupun sebagainya. Tapi tidak sedikit pula kini perempuan yang justru memanfaatkan kemajuan saat ini untuk menempa dirinya menjadi Kartini di masa yang akan datang.Intinya kesadaran masing masing saja”.

Dalam wawancaranya Irhami selaku Ketua BEM FH ULM juga memberikan harapannya pada kegeiatan kali ini, “Saya tentu merasa senang dan bersemangat ketika melihat antusiasme kawan-kawan mahasiswa FH ULM mengikuti jalannya diskusi serta aktif bertanya pada saat sesi tanya jawab, tentu ini merupakan suatu hal baik yang wajib kita pertahankan dan tingkatkan lagi, terutama dalam hal peringatan hari kartini yang membawa semangat besar R.A Kartini, saya mengharapkan apa yang disampaikan oleh Narasumber kemarin dapat memberikan pencerahan atau membuka wawasan seluruh partisipan mengenai tema kali ini dan dapat membawa kebermanfaatan,” ucap Irhami.

Peliput : Ahmad Zaki

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *