Kabar Kampus

Go Internasional, English Class Jadi Langkah Awal Fakultas Hukum 

peristiwa.info – English Class (EC) merupakan program kelas berbahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk mahasiswa Fakultas Hukum ULM. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa dalam berbagai keterampilan bahasa Inggris seperti membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dalam konteks Hukum dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Keberadaan EC ini diharapkan dapat menjadi embrio awal terbentuknya kelas Internasional yang nanti mudah-mudahan bisa terealiasi di masa yang akan datang.

Adapun tujuan dari EC yang di sampaikan oleh Muhammad Ananta Firdaus, S.H., M.H. selaku Ketua Prodi Hukum menjelaskan beberapa tujuan spesifik dan harapan dari program EC ini antara lain:
a. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara bahasa Inggris dalam konteks hukum dan ilmu pengetahuan sosial.
b. Mengembangkan kosakata dan tata bahasa bahasa Inggris yang berkaitan dengan hukum dan ilmu pengetahuan sosial.
c. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tertulis.
d. Memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan bagi mahasiswa Fakultas Hukum ULM.
e. Meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi persaingan global dan tantangan dalam dunia kerja, khususnya dalam bidang Hukum dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Dengan tujuan-tujuan tersebut, diharapkan English Class Fakultas Hukum ULM dapat membantu mahasiswa Fakultas Hukum ULM untuk menjadi lebih berkompeten dan siap menghadapi tantangan di masa depan.
EC ini bukan hanya difokuskan pada matakuliah bahasa Inggris saja, namun untuk semua matakuliah yang saat ini sebagai langkah awal program EC hanya ditawarkan kepada mahasiswa angkatan 2022 saja. Mahasiswa yang bersedia bergabung saat ini berjumlah 27 mahasiswa, harapannya nanti dapat terus berkembang dan berlanjut sampai mahasiswa selesai melakukan studi di Fakultas Hukum ULM.

Sedangkan tenaga pengajarnya, tentunya menggunakan tenaga pengajar yang dinilai kompeten untuk mengajar dengan menggunakan pengantar dan bahan perkuliahan berbahasa Inggris, dengan adanya program ini diharapkan ke depannya juga dapat membantu peningkatan akreditasi Prodi S1 Hukum Fakultas Hukum ULM, terlebih sekarang semua kampus berlomba-lomba untuk mencapai World Class University. IP dan IPK mahasiswa yang ikut dalam EC ini sama saja dengan perkuliahan kelas reguler, sementara tempat perkuliahannya disiapkan pada ruangan kelas tersendiri.

Peliput : Jeane Elfrida Astrid & Kenneth

Editor : Ahmad Zaki

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *