Keren, Yuk Intip Kisah  Mahasiswa FH Jadi Finalis NUDC
Kabar Kampus

Keren, Yuk Intip Kisah Mahasiswa FH Jadi Finalis NUDC 

peristiwa.info – National University Debating Championship (NUDC) ULM 2023 telah dilaksanakan pada 6-7 Maret 2023 bertempat di Aula Rektorat Universitas Lambung Mangkurat. NUDC sendiri adalah kompetisi debat berbahasa inggris antar perguruan tinggi berskala nasional yang setiap tahunnya menghasilkan delegasi mahasiswa Indonesia berprestasi untuk WUDC (World University Debating Championship). Dalam hal ini antusiasme para mahasiswa tercermin dari banyaknya fakultas yang mengikuti kompetisi tersebut. 

Dilansir dari Instagram @minatbakatulm terdapat 4 perwakilan fakultas yang lolos ke grand final atau seleksi KDMI (Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia) pada Jumat, 8 maret 2023.Salah satu mahasiswa dari fakultas hukum, Rifqi Fierdha Maula, sebagai finalis ke-3 NUDC ULM 2023 menyatakan, “Karena aku jadi 3rd best speaker, berarti aku akan menjadi N1 atau adjudicator (juri) nanti di tingkat Nasional. Sebelum ke tingkat nasional, teman aku Tiara dari FT TI (2nd best speaker) dan Hafiz FT Arsitektur (1st Best Speaker) sebagai debater harus menjalani seleksi wilayah untuk maju ke nasional,” ujarnya.

Karir debat Rifqi Fierdha Maulana sendiri dimulai sejak dia berada di bangku SMA dimana dia menjadi salah satu delegasi dalam National School Debating Championship (NSDC). Pendapat lain dari Rifqi selaku 3rd best speaker, “Pengalaman aku NUDC tahun ini sangat rame dan asik. Mosi yang disajikan sangat unpredictable, apalagi grandfinal kemaren.” Hal ini dikarenakan mosi pada grand final memperdebatkan mengenai penemuan peradaban utopis dari Atlantis yang membuat para pembicara untuk membahas mengenai kepercayaan terhadap kota Atlantis yang hilang.

Adanya mosi-mosi debat dengan spektrum yang luas membuat para debate speaker tidak terpaku pada isu-isu biasa tetapi juga membuat para debate speaker menajamkan imajinasinya untuk memecahkan mosi yang diberikan, sehingga suasana menjadi lebih menarik.

Lain halnya dengan Muhammad Rezqon Apryan dari Fakultas Hukum sebagai finalis ke-4 NUDC ULM 2023 menyatakan tentang bagaimana dapat tergabung dalam kompetisi ini ” Kompetisi ini diadakan setiap tahun dan akan di seleksi kembali di tingkat universitas bersaing dengan fakultas-fakultas lain yang ada di ULM, jadi kita bisa setelah pengumuman di univ, mendatangi fakultas atau nanti setiap tahun ada pengumuman bahwa akan diadakan NUDC, lalu mendaftarkan diri ke fakultas dan bertanding di tingkat univ ” ujarnya.

Ia pun mengatakan bahwa kendala yang dialami selama kompetisi adalah karena kurangnya latihan, sebab baru mendapatkan informasi dari fakultas 2 hari sebelum pertandingan atau debat ini dimulai.

“Tahun ini lebih baik di banding tahun sebelumnya, dimana banyak kandidat – kandidat yang luar biasa bagus, dan kemarin hasil akhirnya saya berada di posisi 4 dimana tidak bisa mewakili maju untuk ketingkat nasional, dimana yang dipilih hanya juara 1 sampai 3” ucap Muhammad Rezqon Apryan mengenai pendapat terhadap NUDC tahun ini.

Peliput : Diva Maharani & Farah Nahdah Salsabila

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *