Sains dan Teknologi

Terbesar di Dunia, Ini Dia Kapal Listrik Utility Ro – Pax 

peristiwa.info – Kemajuan teknologi yang kian pesat membuat kita tersadar bahwa segala sesuatu yang tidak mungkin dapat terjadi dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang. Berbagai inovasi terus dikembangkan, salah satunya transportasi dengan tenaga listrik. Tranportasi listrik sendiri sekeranh terus berkembang pesat. Produsen Kapal Ferry INCAT, berencana akan meluncurkan Kapal Ferry bertenaga Listrik terbesar di dunia dalam 2 tahun ke depan. Berukuran sepanjang 148 Meter, diklaim akan menjadi Kapal Ferry Listrik terbesar di dunia yang bisa membawa penumpang sebanyak 2000 lebih melewati lautan. 

Dilansir dari Sindonews.com, bahwa kapal ini dirancang oleh Revolution Design dan dibangun oleh INCAT. Kapal Ferry ini ditenagai oleh dua motor listrik (5 – 9,6 MW) yang ditempatkan di bawah lambung kapal. Selain bisa mengangkut 2000 lebih penumpang, kapal ini bisa mengangkut 200 lebih kendaraan. Mengingat kapal listrik tidak menggunakan mesin diesel, jenis kapal ini memiliki sejumlah keunggulan. Mulai dari suara mesin yang tidak bising, lebih bersih, tidak membutuhkan banyak perawatan, mempunyai kapasitas regenerasi, dan ringan. 

Sebagai gambaran, sistem penggerak kapal berbasis listrik memiliki bobot 30% lebih ringan dari mesin diesel.  Walau bertenaga listrik, Kapal Ferry ini dapat berlayar dengan kecepatan 25 Knots untuk jangkauan berlayar 100 Nautical Mile. “Meskipun menukar propulsi listrik memerlukan desain ulang yang signifikan, kapal ferry ini akan mengganti 500 Ton peralatan dan tangki bahan bakar dengan 400 Ton baterai untuk mempertahankan bobotnya yang ringan,” Ucap Robert Clifford, Pendiri Incat Group.

Sumber Foto : Sindonews.com

Peliput : Gilang Ramadhan

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *