Tanggapan Dosen Mengenai Akun @ulmgarislucu : “Konteksnya Tidak Mencerminkan Seorang Mahasiswa”
Kabar Kampus

Tanggapan Dosen Mengenai Akun @ulmgarislucu : “Konteksnya Tidak Mencerminkan Seorang Mahasiswa” 

Peristiwa.infoMeme adalah sebuah tren yang sangat popular di internet saat ini. Meme berisikan gambar dengan perpaduan foto dan teks sedehana yang dapat memicu rasa geli hingga membuat orang yang melihatnya tertawa. Dikuitp dari laman resmi milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), Meme dapat juga berupa sebuah video dan tentunya bersifat, simple, repetitive, humor, dan konyol.

Seiring berjalannya waktu karakter meme berubah dan kehilangan keunikannya, meme justru merambah ke dunia politik. Hal tersebut merujuk pada postingan meme dari akun dagelan mahasiswa yaitu @ulmgarislucu. Akun Instagram ini kabarnya di pegang oleh beberapa mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat serta akun tersebut berisikan kumpulan meme tentang perpolitikan kampus, khususnya di ULM sendiri.

Ditemui pada Hari Rabu (16/11/22) kemarin, salah satu dosen FH ULM yaitu Bapak Arisandy Mursalin memberikan tanggapannya mengenai isi postingan akun tersebut.

“Akun ini (@ulmgarislucu) seperti ingin membuat semacam meme atau dagelan, namun konteksnya tidak mencerminkan seorang mahasiswa. Apalagi beberapa postingannya mengandung kalimat yang tidak elok untuk dibaca,” tutur Pak Arisandy.

Beberapa mahasiswa pun ada yg sependapat dengan beliau dan ada juga yg tidak sependapat. “Menurutku akun itu diperuntukkan sebagai media yang memberikan hal lucu dan menarik. Cukup bagus dan menghibur mahasiswa,” ujar salah satu mahasiswa ULM.

Merujuk pada UU ITE, Bapak Arisandy juga memberi saran agar mahasiswa bisa lebih bijak untuk memilah mana yang baik mana yang tidak jika ingin memposting sesuatu, serta memberikan manfaat dan dampak yang positif. “Saran saya kalian harus membuat akun media sosial yang lebih edukatif, dan mencerminkan sebagai seorang mahasiswa yang baik. Jangan membuat konten yang mengandung SARA dan sensitif. Karena apapun yang diposting, itu juga menyangkut nama baik ULM, ‘kan?” tutup beliau.

Peliput : Putra Agung Susilo & Nazwa Saskia Rani

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *