Bingung Atur Waktu Kuliah dengan Organisasi? Yuk Simak Tipsnya!
Lifestyle

Bingung Atur Waktu Kuliah dengan Organisasi? Yuk Simak Tipsnya! 

peristiwa.info – Kalian kesulitan membagi waktu antara kuliah dan organisasi? Yuk simak beberapa tips agar kamu bisa membagi waktu antara kuliah dan organisasi dengan mudah. Sebelumnya kalian tau ga sih kenapa kalian harus mengikuti organisasi? Ada beberapa keuntungan nih yang harus kalian ketahui saat mengikuti organisasi antara lain :

  1. Bertemu banyak orang (Menambah Relasi)
  2. Mengembangkan Skill Public Speaking
  3. Belajar Mengatur Waktu

Pada dasarnya membagi waktu antara kuliah dan organisasi sangatlah penting. Hal tersebut tidak hanya bermanfaat untuk membuat tugas kuliah dan organisasi tidak terbengkalai, namun bermanfaat pula untuk membuat kalian tetap memiliki waktu luang untuk sekedar bersantai di tengah padatnya aktivitas. Beberapa tips membagi waktu antara kuliah dan organisasi yang bisa kalian lakukan, yaitu:

  1. Tentukan Prioritas Utama Kalian
    Bagaimanpun tugas utama mahasiswa yaitu belajar dan kuliah dengan baik. Usahakan untuk tetap mengikuti perkuliahan dengan sungguh-sungguh.
  2. Buat jadwal yang ingin dilakukan setiap harinya
    Selanjutnya kalian harus membuat jadwal yang ingin kalian lakukan setiap harinya, untuk menyeimbangkan waktu antara kuliah dan organisasi. Saat membuat jadwal pastikan kalian juga menentukan skala prioritas. Skala prioritas yang paling utama tentunya adalah kuliah dan belajar. Setelah itu, kalian bisa memasukkan jadwal kegiatan mengikuti organisasi.
  3. Jangan menunda pekerjaan
    Nah ini yang sering menjadi masalah untuk para mahasiswa, membuat kalian menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya kalian lakukan saat ini. Apalagi jika sudah mendekati deadline, jangan sampai kalian yang memiliki potensi besar kalah dengan mahasiswa yang biasa-biasa saja hanya karena suka menunda-nunda pekerjaan.
  4. Disiplin pada waktu
    Menjalankan perkuliahan dan organisasi memang membutuhkan waktu yang banyak, sangat penting bagi kalian untuk bisa disiplin terhadap waktu dan menggunakan waktu tersebut dengan sebaik mungkin. Menyeimbangkan kuliah dan organisasi merupakan hal yang tidak mudah. Tetapi, dengan disiplin terhadap waktu, maka kalian bisa menjalankan keduanya.
  5. Kenali kemampuan diri kalian
    Yang terakhir, kalian harus mengenali kemampuan diri kalian sendiri. Saat kalian lelah akan tugas di perkuliahan maupun di organisasi, itu adalah waktu yang tepat untuk kalian beristirahat.

Menjalankan kuliah sekaligus organisasi memang sangat melelahkan. Tetapi setelah adanya beberapa tips membagi waktu ini semoga dapat diterapkan dalam kehidupan perkuliahan kalian saat ini.

Peliput : Nurhaliza

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *