FH ULM Sambut Mahasiswa Program Pertukaran
Kabar Kampus

FH ULM Sambut Mahasiswa Program Pertukaran 

peristiwa.info – Rabu (31/8) telah berlangsung penerimaan dan pengarahan mahasiswa dari luar Universitas Lambung Mangkurat di FH ULM dalam salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang bertempat di Ruang Rapat Soedjono Soedjojo, Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat. 

Acara ini dilaksanakan pada pukul 11.00 WITA dan dihadiri oleh 17 mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Acara ini dibuka dengan sambutan sekaligus pengarahan dari salah satu dosen FH ULM, Dr. Saprudin, S.H., LLM.

Program PMM ini adalah program baru dari Kemendikbud yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2020.  Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini adalah salah satu dari delapan program MBKM, yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan di luar fakultas maupun universitas asal.

Dr. Saprudin, SH, LLM menyebutkan bahwa tujuan program ini adalah mensinergikan antara beberapa fakultas hukum yang ada di Indonesia dan bagaimana mereka nanti tidak hanya mendapatkan perkuliahan dari fakultas mereka masing-masing, tetapi juga bisa mengikuti perkuliahan dari luar fakultas. Harapannya mengenai program ini tidak hanya terjadi pertukaran ilmu, tetapi juga pertukaran yang lebih luas lagi seperti nilai-nilai budaya dan nilai-nilai kemanusiaan.

“Kendala seorang sarjana hukum pada saat ini adalah ketika teman-teman yang fresh graduate itu, kendalanya pasti di pengalaman kerja. Kalau pengalaman kuliah tidak akan dicari orang, tetapi yang dicari adalah pengalaman kerja. Nanti ketika mereka sudah ikut program kerja magang, saya kira itu akan menjadi nilai plus bagi seorang sarjana hukum dalam rangka mereka memasuki dunia kerja,” tambahnya.

Ajeng Retna Asyifa, salah satu mahasiswa dari Universitas Galuh di Jawa Barat, memberikan alasan mengapa ia memilih FH ULM sebagai tempat pertukaran pelajar. Dia ingin melihat sesuatu yang baru serta tertarik dengan mata kuliah yang ditawarkan dan mata kuliah tersebut tidak ada di kampus asalnya. Ia menambahkan kesannya saat terpilih untuk mengikuti program PMM ini. Ia sangat bangga dan bersyukur bisa terpilih di universitas tertua di Kalimantan dan bisa mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi negeri. 

“Harapannya semoga bisa mendapatkan ilmu yang lebih bermanfaat dan lebih luas lagi, bisa mempunyai relasi yang banyak dari luar daerah, terkhusus mahasiswa ULM nya juga” ucapnya.

Peliput: Haryanto

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *