5 Rekomendasi Film yang Cocok Menemani Kamu di Hari Kemerdekaan
Entertainment

5 Rekomendasi Film yang Cocok Menemani Kamu di Hari Kemerdekaan 

peristiwa.info – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang sebentar lagi jatuh pada tanggal 17 Agustus menjadi inspirasi untuk industri perfilman Indonesia. Salah satunya dengan membuat sebuah film bertemakan tentang Kemerdekaan Indonesia. 

Beberapa film ini merupakan film tentang perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajahan Belanda di Indonesia dan ada juga yang menceritakan tentang penjajahan Jepang. Namun, ada juga yang film yang menceritakan tentang perjuangan hidup pahlawan dan tokoh nasional dalam melahirkan kemerdekaan bagi Indonesia.

Berikut adalah rekomendasi film yang bertemakan tentang Kemerdekaan Indonesia yang bisa ditonton untuk mengisi waktu libur anda ditengah peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, yaitu :

1. Soekarno (2013)

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini mengisahkan tentang kehidupan Presiden ke-1 Indonesia yaitu Soekarno yang diperankan oleh Ario Bayu. Film ini menceritakan bagaimana karakter Soekarno dan perjuangannya membawa kemerdekaan bagi Indonesia sampai akhirnya berhasil membacakan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

2. Guru Bangsa : Tjokroaminoto (2015) 

Film tentang penjajahan Belanda di Indonesia yang mengisahkan kehidupan dan perjuangan Tjokroaminoto (Reza Rahadian) dalam memimpin Sarekat Islam, organisasi islam yang kerap ditentang oleh Penjajah Belanda.

3. Kartini (2017)

Siapa yang tidak tau dengan Kartini? Film biografi yang mengisahkan perjuangan Kartini untuk berusaha menyetarakan hak perempuan. Salah satunya dengan mendirikan sekolah bagi orang miskin. Kartini sendiri diperankan oleh artis cantik Tanah Air Dian Sastrowardoyo.

4. Perburuan (2019) 

Film ini menceritakan tentang perburuan bekas tentara Pembela Tanah Air (PETA) bernama Hardo yang diperankan oleh aktor Adipati Dolken oleh pemerintah Jepang. Padahal Harto dan PETA sudah kalah dari tentara Jepang, namun Hardo tetap diburu hingga ke kampung halamannya. Ternyata, tentara Jepang memburu Hardo dengan bantuan para orang terkdekatnya yang berkhianat.

5. Kadet 1947 (2021)

Rekomendasi film terakhir adalah film tentang kemerdekaan terbaru yaitu film Kadet 1947 yang kini tengah tayang di Netflix. Film adaptasi kisah nyata ini menceritakan tentang para kadet atau pelajar penerbangan angkatan udara yaitu Sigit, Mul, Har, dan Adji yang berambisi membantu tentara Indonesia melawan Belanda. Pasalnya, Belanda melakukan Agresi Militer I ke Jawa dan Sumatera usai melanggar perjanjian Linggarjati mengenai Kemerdekaan Indonesia. Film ini diperankan oleh beberapa aktor kenamaan Indonesia yaitu Bhisma Kharisma (Sigit), Kevin julio (Mul), Omaro Esteghlal (Har), dan Marthino Lio (Adji).

Itulah 5 Rekomendasi Film yang bertemakan tentang Kemerdekaan Indonesia. Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Selamat menonton.

Peliput : Dinda Nabila Thifaluzzain

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *