Intip Segudang Manfaat Daun Sirih Serta Cara Penggunaannya
Lifestyle

Intip Segudang Manfaat Daun Sirih Serta Cara Penggunaannya 

peristiwa.info – Seringnya permasalahan pada tubuh manusia salah satunya ialah bau badan, bau badan sangatlah mengganggu selain mengganggu hal ini juga membuat kita jadi tidak percaya diri, apalagi bila sedang berada di dekat orang lain.

Bau badan sendiri mempunyai beragam penyebab, menurut Medical News Today, beberapa di antaranya adalah pubertas, sering makan pedas, kondisi medis tertentu contohnya diabetes, dan terlalu banyak berkeringat.

Keringat sendiri sebenarnya tidak mempunyai bau. Akan tetapi yang membuat keringat menjadi bau ialah adanya perkembangbiakan bakteri yang terjadi dengan cepat, yang kemudian dipecah menjadi asam yang menjadikan keringat tadi mempunyai aroma tak sedap.

Untuk mengatasi aroma tak sedap pada bau badan kita bisa memakai produk-produk penghilang bau badan yang telah banyak dijual dipasaran, selain menggunakan produk-produk tadi ada bahan-bahan alami yang bisa kita pakai untuk menghilangkan bau badan yaitu daun sirih.

Daun sirih mampu tumbuh subur di pekarangan rumah dan bisa kita jumpai di penjual tanaman, sehingga kita bisa menanamnya sendiri dirumah.

Daun sirih mengandung antioksidan di dalamnya yang berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan salah satunya ialah bau badan. Tak hanya antioksidan senyawa anti bakteri dalam daun sirih  juga mampu mengusir bau badan secara alami, selain untuk bau badan daun sirih juga bermanfaat untuk bagian tubuh lain seperi rongga mulut, kesehatan organ vital, fungsi lambung, dan kesehatan kulit.

Lalu bagaimana cara penggunaan daun sirih tadi ?

Mengutip buku “Tanaman Obat Tradisional (Jilid II)” yang ditulis oleh Sopandi (2018), bagian yang digunakan dari sirih adalah daun, getah dan minyaknya.

Untuk menghilangkan bau badan, dianjurkan untuk melakukan langkah-langkah berikut:

* Ambil 2-3 lembar daun sirih lalu rendam di dalam setengah gelas air panas.

* Tambahkan satu sendok teh gula putih ke dalam air tersebut.

* Biarkan hingga air hangat kemudian ambil sirihnya agar airnya dapat diminum.

Sementara untuk menghilangkan bau pada ketiak, cobalah melakukan langkah berikut:

* Ambil selembar daun sirih.

* Beri sedikit kapur lalu remas-remas daun tersebut.

* Oleskan lumatan daun pada ketiak agar baunya hilang.

Selain bau badan, sirih juga diyakini dapat menghilangkan bau mulut dan mencegah kerusakan gigi. Beberapa langkah yang bisa dicoba, antara lain:

* Siapkan satu lembar daun sirih yang telah dicuci bersih.

* Kunyah daun tersebut kemudian tahan selama beberapa menit dalam mulut, lalu ludahkan. Lakukan langkah tersebut 2-3 kali sehari.

* Cara lainnya, rebus 5-6 lembar daun sirih dengan dua gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, saring airnya untuk digunakan berkumur setiap pagi dan sore.

Peliput : Ahmad Muhazir

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *