Rutin Minum Air Putih di Pagi Hari, Apa Manfaat Bagi Tubuh?
Lifestyle

Rutin Minum Air Putih di Pagi Hari, Apa Manfaat Bagi Tubuh? 

peristiwa.info – Air adalah zat penting yang menyusun 50% -60% komposisi tubuh kita. Di dalam tubuh air memiliki banyak fungsi, mulai dari melancarkan pencernaan hingga menjaga keseimbangan suhu tubuh dan membantu ginjal membersihkan kotoran-kotoran dari tubuh.

Namun, banyak orang meremehkan hal tersebut dan kurang minum air putih dikarenakan lupa, tidak terbiasa, atau terlalu banyak bekerja. Padahal Minum air putih di pagi hari punya segudang manfaat bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Secara umum, semua organ dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Itu sebabnya kita perlu minum banyak air untuk memenuhi kebutuhan cairan di tubuh. Salah satu waktu terbaik untuk minum air adalah setelah bangun tidur di pagi hari.

Ada banyak manfaat minum air putih setelah bangun tidur bagi kesehatan Anda, di antaranya:

1. Mengeluarkan Zat Yang Tidak Diperlukan Dalam Tubuh

Salah satu manfaat minum air putih saat bangun tidur adalah membantu membuang racun dari tubuh selama metabolisme malam hari. Racun tersebut kemudian dikeluarkan melalui urin

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Minum air putih setelah bangun tidur akan membantu menjaga kelembapan tubuh dan kulit agar tetap terhidrasi dengan baik. Dan kebiasaan ini dipercaya bisa mencegah munculnya jerawat dan melembabkan kulit.

3. Meningkatkan Pencernaan

Air putih bisa mengatasi sembelit, gejala dehidrasi atau dehidrasi tubuh. Hal dikarenakan air panas dapat memecah makanan lebih cepat daripada air dingin. Oleh karena itu, orang yang berisiko sembelit disarankan untuk minum air putih dan menjalani proses hidrasi di pagi hari setelah bangun tidur.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dikatakan juga bahwa minum air putih setelah bangun tidur meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori serta disarakan untuk minum air dingin
karena air bersuhu dingin dapat mengaktifkan mekanisme thermogenesis. Thermogenesis adalah panas yang dihasilkan setelah makan yang berguna meningkatkan laju metabolik.
.Beberapa ahli bahkan percaya bahwa kebiasaan ini dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Minum air saat perut kosong membantu menyeimbangkan kelenjar getah bening, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Ketika kelenjar getah bening berfungsi normal, itu membuat tubuh lebih mudah melawan infeksi.

Jika kamu ingin membiasakan minum air setelah bangun tidur, tidak ada salahnya meletakkan segelas air di dekat tempat tidur, misalnya dengan meletakkannya di atas meja kecil. Kamu juga bisa membawa botol yang tertutup rapat sehingga tidak lupa ke mana pun kamu pergi. Ingatlah bahwa air sangat penting bagi tubuh. Asupan air putih yang diperlukan tubuh setiap orang akan berbeda. Kebutuhan air yang harus dipenuhi adalah 2 liter per hari atau setara dengan delapan gelas untuk mencegah terjadinya dehidarasi.

Peliput : Haryanto

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *