Wajib Gunakan Aplikasi, Ini Cara Beli Solar dan Pertalite di MyPertamina!
Sains dan Teknologi

Wajib Gunakan Aplikasi, Ini Cara Beli Solar dan Pertalite di MyPertamina! 

Peristiwa.info – Pemerintah akan menerapkan peraturan baru bagi pengendara, yaitu beli solar dan pertalite wajib pakai aplikasi. Penggunaan BBM bersubsidi dan nonsubsidi akan diatur dengan menggunakan aplikasi MyPertamina.

Lalu Apa itu MyPertamina? MyPertamina adalah aplikasi yang hadir sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh pelanggan setia produk PT. Pertamina Patra Niaga yang bekerja sama dengan LinkAja! dalam mendukung sistem pembayaran agar mempermudah pelanggan saat bertransaksi.
Diperkirakan pembelian Pertalite menggunakan aplikasi MyPertamina itu akan diuji coba pada Agustus atau September 2022 ini.
Penggunaan aplikasi MyPertamina dalam pembelian Pertalite seiring dengan rencana rampungnya penyelesaian revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) beserta petunjuk teknis pembelian BBM jenis Pertalite.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengatakan “Kami harapkan sekitar Agustus-September bisa kita launching, bisa kita lakukan uji coba ini kan masih proses penerbitan regulasi, setelah ditetapkan kita akan lakukan sosialisasi terlebih dahulu. Sehingga itu diharapkan bisa di Agustus dan September,” ujar Erika Retnowati.

Lalu bagaimana mekanismenya? Konsumen solar atau pertalite mesti tercatat atau registrasi dulu di MyPertamina, kemudian diverifikasi. Apabila telah disetujui, maka konsumen memiliki akses dan dapat membeli solar atau pertalite subsidi. Tentunya, agar petugas Pertamina tahu maka pembeli dihimbau untuk menunjukkan bukti sudah akses MyPertamina dengan bukti seperti QR Code.
Begitupun sebaliknya bagi yang tidak terverifikasi, maka konsumen tersebut tidak berhak menerima subsidi, dan harus membeli Jenis BBM umum (JBU).

Sebelum membeli BBM dengan aplikasi MyPertamina, masyarakat perlu mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store atau App Store. Setelah selesai mengunduh, daftarkan diri dengan memasukkan nama lengkap, nomor telepon, dan PIN sebanyak enam digit. Kemudian, pengguna akan diminta memasukkan kode OTP yang didapat melalui SMS untuk aktivasi akun MyPertamina. Jika sudah berhasil, lakukan log in dengan memasukkan nomor telepon dan PIN.
Kemudian, aktifkan LinkAja agar bisa melakukan pembayaran secara cashless. Tunjukkan QR Code yang ada di aplikasi pada saat berada di SPBU Pertamina. Klik opsi Bayar untuk konfirmasi pembayaran. Lalu, masukkan PIN LinkAja, lalu klik Continue. Selanjutnya, Anda akan menerima notifikasi transaksi sudah berhasil.

Bagaimana, Apakah menurut kalian rencana ini mempermudah atau malah mempersulit proses untuk membeli Bahan Bakar Minyak? Selamat mencoba!

Peliput : Andrea Zahra

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *